Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Resmi Dikukuhkan

Mercy Raya - Sport
Minggu, 08 Mei 2022 17:17 WIB
Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021dikukuhkan.
Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021dikukuhkan. (detikcom/Mercy Raya)
Jakarta -

Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 resmi dikukuhkan. Seremoni berlangsung di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (8/5/2022).

Pengukuhan atlet dan ofisial Merah Putih dipimpin langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan dikukuhkan secara langsung oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari.

Dalam sambutannya, Amali mengatakan agar setiap atlet yang dikirim ke SEA Games bisa menorehkan prestasi membanggakan buat Merah Putih.

"Salah satu pembeda antara SEA Games ke-31 ini dengan multievent sebelumnya adalah jumlah kontingen yang diberangkatkan. Baik atlet, ofisial, pendamping jauh lebih sedikit dari yang diberangkatkan saat SEA Games ke-30.
Kira-kira berkurang hampir 50 persen tapi kami meyakini yang diberangkatkan ini akan menunjukkan prestasi membanggakan," kata Amali.

"Kami tak asal kirim atlet, tak asal mengirim kontingen tapi sudah sesuai dengan proses review dari tim review, yang terdiri dari praktisi, akademisi, dan perwakilan KONI dan KOI. Insya Allah kami pilih sesuai dengan parameter dan bisa dipertanggungjawabkan."

"Makanya saya minta maaf kepada atlet, cabor, yang tak bisa dikirim karena kita menetapkan paradigma baru. Jangan sampai ada di kalangan malah mempertanyakan apa yang kita buat ini. Insya Allah dengan kesungguhan membenahi tata kelola keolahragaan nasional maka akan kita petik hasilnya dalam masa mendatang," Menpora asal Gorontalo ini mengharapkan.

Sementara itu, Chef de Mission Indonesia Ferry Kono dalam laporannya menyebut kontingen Indonesia terdiri dari 313 atlet putra dan 186 atlet putri, 214 ofisial, serta dibantu tim CdM dan headquarter sejumlah 63 orang yang akan bertugas di Vietnam.

Adapun jadwal keberangkatan telah dilakukan secara bertahap sejak 3-18 Mei. Sejak itu, Ferry menyebut sebagian kontingen telah diberangkatkan yang terdiri dari 10 cabor/sub cabor yaitu rowing, kano, sepakbola, kickboxing, wushu, duathlon/triathlon, pencak silat, golf, futsal, dan catur. "Masih ada 24 cabor/sub cabor lain yang akan berangkat nantinya," katanya.

Kontingen Indonesia juga memastikan akan mengikuti defile pada saat pembukaan SEA Games 2021 yang berlangsung 12 Mei mendatang. "Totalnya ada 30 atlet dan ofisial yang akan mengikuti defile dan dipimpin langsung CdM," katanya.



Simak Video "PBESI Yakin Esports RI Raih 6 Medali Emas di SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)