Kontingen SEA Games 2021 Dikukuhkan, Boling Targetkan Tiga Emas

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 08 Mei 2022 23:04 WIB
Tim Bowling Indonesia di SEA Games 2021
Tim Boling targetkan tiga emas di SEA Games 2021 (dok.PB PBI)
Jakarta -

Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 sudah dikukuhkan. Cabor boling menargetkan tiga medali emas di Hanoi.

Pengukuhan atlet dan ofisial Merah Putih dipimpin langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan dikukuhkan secara langsung oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (8/5/2022).

kontingen Indonesia terdiri dari 313 atlet putra dan 186 atlet putri, 214 ofisial, serta dibantu tim CdM dan headquarter sejumlah 63 orang yang akan bertugas di Vietnam.

Dari hampir 500 atlet yang berangkat, ada juga delapan atlet boling yang ikut di sana, yakni empat putra dan empat putri yang akan berangkat Jumat 13 Mei. Boling sendiri masuk dalam cabor yang dinilai bisa memberikan prestasi oleh Tim Review PPON Kemenpora.

Pada SEA Games 2019, Boling meraih tiga emas, yakni dari nomor ganda campuran (Ryan Leonardo Lalisang-Aldila Indryati), ganda putra (Muhammad Islam Billy-Hardy Rachmadian), ganda putri (Tannya Roumimpiter-Sharon Adelia Liman Santoso).

Oleh karenanya, Boling pun ditargetkan untuk bisa mempertahankan prestasi tersebut. Selain target tiga emas, Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PB PBI) ingin memperbaiki serta mengembakan venue boling di tanah air.

Ini bertujuan agar pembinaan atlet tetap berjalan sehingga lebih siap berkompetisi di event dunia.

"Pembinaan saya pikir perlu sinergi antara pengurus provinsi dan seluruh stakeholder. Pembinaan ini akan dikuatkan dalam jalur yang lebih professional dan lebih melibatkan banyak tim ahli di bidang olahraga," ujar Ketua Umum PP PBI Jerry Sambuaga dalam rilis kepada detikSport.

Sementara Sekretaris Jenderal PB PBI, Hasrial Arimis, optimistis target minimal di SEA Games Hanoi 2021 akan tercapai.

"Targetnya kita adalah juara umum, saya cukup optimistis dengan kondisi anak-anak sekarang ini," jelas Hasrial.

Meski demikian, target tersebut tidak mudah dicapai karena mencapai target tersebut tidak mudah. Sebab nomor andalan Indonesia yaitu ganda campuran dan masters tidak dipertandingkan di SEA Games kali ini.

"Dua nomor ini memang berpengaruh, tetapi saya pikir Indonesia juga berpotensi meraih emas di empat nomor lainnya yaitu single putra, team putra, double putri, dan team putri," demikian dia.

(mrp/nds)