Jadi Unggulan Satu, Irene Diharapkan Rebut Emas Catur SEA Games

Mercy Raya - Sport
Selasa, 10 Mei 2022 17:15 WIB
Turnamen Catur Japfa Grand Master Internasional 2015 digelar di Hotel Kartika Chandra Jakarta. Pada hari keenam, Senin, (20/04/2015) yang hanya memainkan satu babak (8), Irene Kharisma Sukandar ditantang yuniornya Muhammad Lutfi Ali.
Irene Kharisma Sukandar (Foto: Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta -

Pecatur andalan Indonesia Irene Kharisma Sukandar diharapkan merebut medali emas SEA Games 2021. Posisinya yang merupakan unggulan kesatu semoga memuluskan langkahnya.

"Catur klasik ini kami berharap dapat meraih satu medali emas. Kondisi fisik anak-anak cukup bagus dan kami berharap bisa memberikan penampilan terbaik pada setiap babak," kata Kepala Pelatih Timnas Catur Indonesia, Kristianus Liem, dalam keterangan tertulis Tim Indonesia, Selasa (10/5/2022).

Irene Kharisma Sukandar tampil menjadi unggulan pertama dengan memiliki elo rating 2392. Sementara, posisi kedua ditempati pecatur Singapura, WGM Qianyun yang memiliki elo rating 2348, disusul Vo Thi Kim Pung dari Vietnam (2340) di posisi ketiga.

Pertandingan catur sendiri sudah dimulai hari ini, dengan mempertandingkan nomor klasik putra dan putri. Selain Irene, WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra serta dua pecatur putra yakni GM Novendra Priasmoro serta IM Mohamad Ervan.

Sementara pada nomor catur klasik putra, dua pecatur tuan rumah Vietnam menjadi unggulan yaitu GM Nguyen Ngok Troung Son (2641) dan GM Tran Tuan Minh (2533). Sedangkan pecatur Indonesia GM Novendra Priasmoro (2501) menjadi unggulan kelima.

Pertandingan catur klasik yang memainkan 9 babak dengan sistim swiss untuk putra dan setengah kompetisi 9 babak untuk putri. Pertandingan dengan waktu pikir 90 menit, plus tambahan 30 detik per langkah.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono bangga pecatur Indonesia tampil sebagai unggulan satu. Ia berharap, Irene tidak jemawa.

"Semoga posisi Irene sebagai unggulan satu ini dapat memuluskan langkah dia untuk naik podium juara. Meski begitu, saya berharap Irene dapat tetap fokus karena olahraga catur, khususnya nomor klasik ini merupakan permainan dengan waktu yang cukup panjang, sehingga dibutuhkan konsentrasi tinggi," ujar Ferry.

Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono berkekuatan 499 atlet serta 214 official yang berpartisipasi di 32 cabor.

(mcy/aff)