Kisah Keluarga Indonesia Jaga Tradisi Emas di SEA Games

Mercy Raya - Sport
Rabu, 11 Mei 2022 19:27 WIB
Riska Hermawan
Foto: (NOC Indonesia)
Jakarta -

Atlet pencak silat Riska Hermawan bangga bisa mempersembahkan medali emas buat Indonesia. Asanya melanjutkan tradisi emas keluarga akhirnya terwujud di SEA Games Vietnam.

Tampil pada partai final ganda putri nomor seni di Bac Tu Liem Gymnasium, Rabu (11/5), Riska yang berpasangan dengan Ririn Rinasih di nomor seni ganda putri memetik hasil sempurna.

Mereka meraih medali emas usai mengumpulkan 9,955 poin serta mengalahkan wakil Vietnam, Nguyen Thi Thu Ha/Nguyen Thi Huyen yang hanya meraih skor 9,925.

Ini merupakan emas perdana Ririn/Riska dalam sejarah berpartisipasi di ajang SEA Games. Sebelumnya, mereka hanya mendapat perunggu pada edisi 2017.

Ririn/Riska memang sudah cukup lama berpasangan tepatnya sejak tahun 2016. Namun keduanya baru kembali masuk pelatnas untuk SEA Games 2021 sejak Januari lalu.

Riska Hermawan(NOC Indonesia)

Bagi Riska Hermawan, torehan ini juga membuatnya melanjutkan tradisi keluarga. Ia merupakan putri dari peraih medali emas SEA Games 1997, Cece Hermawan.

"Perasaan aku senang banget dan terima kasih buat seluruh rakyat Indonesia. Medali emas ini aku persembahkan khusus untuk ayah aku yang kebetulan juara SEA Games 1997 juga serta paman dan perguruan aku, hingga kabupaten Majalengka, Jawa Barat," ucap Riska dalam tim CdM Indonesia.

Langkah pasangan Riska/Ririn untuk meraih medali emas memang cukup mulus. Mereka bahkan tak terpengaruh dengan sejumlah hasil buruk yang diraih wakil Indonesia ini. Riska/Ririn malah mendapat suntikan motivasi dari rekannya, Puspa Arum Sari, yang harus puas dengan torehan medali perak.

"Alhamdulillah saya lebih rileks dibanding sebelumnya karena kan SEA Games sebelumnya sempat down juga pas lawan Singapura. Jadi sekarang lawan tuan rumah justru lebih rileks," kata Riska.

"Aku tidak down (dengan hasil teman-teman lain), tapi hanya sedikit gugup. Namun Puspa meyakinkan aku untuk tampil maksimal. Dia bilang kita sudah latihan setiap hari jadi harus tunjukkan hasilnya," dia mengungkapkan.

Kontingen Indonesia sementara ini sudah mengantongi 3 medali emas, 4 perak, dan 1 perunggu. Dengan hasil ini, Indonesia menempati ranking tiga di klasemen sementara perolehan medali.

(mcy/aff)