SEA Games 2021: Defile Kontingen RI Tawarkan Keberagaman Nusantara

Mercy Raya - Sport
Kamis, 12 Mei 2022 17:13 WIB
Menpora Zainudin Amali (kanan) menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia Ferry Kono Untuk SEA Games 2021 saat pelepasan kontingen Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/5/2022). Sebanyak 499 atlet dari 32 cabang olahraga diberangkatkan untuk bertanding pada SEA Games 2021 di Vietnam. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Pelepasan Kontigen SEA Games 2021 (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Kontingen Indonesia akan tampil sederhana saat parade defile upacara pembukaan SEA Games 2021 yang dimulai Kamis (12/5/2022) malam. Meskipun begitu, akan ada hal yang mencolok yang mereka tawarkan terutama di bagian kepala. Apa itu?

Pembukaan multiajang negara-negara Asia Tenggara itu akan berlangsung di Stadion Miyn Dihn, Ha Noi Kamis (12/05) pukul 19.00 WIB. Pasukan Merah Putih berencana memamerkan keberagaman budaya Indonesia.

Chef de Mission kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono, mengatakan atlet Indonesia yang mengikuti parade defile akan mengenakan polo shirt putih berbalut cardigan merah yang dipadukan dengan celana berwarna cream.

Yang unik adalah semua yang ikut defile bakal mengenakan ikat kepala dari provinsi-provinsi di Indonesia. Mereka juga akan mengenakan sepatu merek lokal Fine Counsel milik Greysia Polii.

"Kami memilih tema sporty casual milenial untuk menampilkan bahwa Tim Indonesia didominasi atlet junior, sehingga tidak perlu mengenakan kostum yang terlalu berat dan sepatu yang digunakan menunjukkan kita bangga dengan produk buatan Indonesia," kata Ferry dalam rilis tim CdM Indonesia.

Ferry berharap kostum yang digunakan para atlet Tim Indonesia di parade defile dapat menampilkan kesederhanaan masyarakat Indonesia dalam bersosialisasi dengan negara-negara ASEAN. Selain itu, untuk mempromosikan bahwa Indonesia memiliki keberagaman budaya.

"Di sisi lain, kami tetap ingin menampilkan kekayaan budaya Indonesia, sehingga kami pilih ikat kepala. Tidak hanya satu daerah, tetapi semua provinsi di Indonesia untuk merepresentasikan keberagaman budaya Nusantara," ujarnya.

Sementara itu, Ferry sebagai ketua kontingen akan mengenakan Takowa Kiki, yakni baju Raja Gorontalo yang biasa digunakan saat turun lapangan meninjau keadaan rakyatnya. Ornamen rantai emas di kiri dan kanan celana yang menyimbolkan seorang raja harus berpihak netral. Sedangkan rantai emas mengartikan sebagai seorang pemimpin perlu memiliki kesabaran.

Baju yang akan dikenakan CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games sangat colorful, kuning, hijau, ungu, dan dominasi merah. Warna ini menyimbolkan kerajaan adat Gorontalo dahulu kala serta mencerminkan semangat, kepercayaan diri dan ketegasan.

"Saya dari Gorontalo dan baju ini didesain oleh desainer lokal di sana. Ini menjadi bentuk bahwa banyak potensi-potensi yang luar biasa di seluruh pelosok Indonesia," tambah Ferry.

(mcy/aff)