SEA Games 2021: Lalu Zohri Terhenti di Urutan Keempat

Mercy Raya - Sport
Rabu, 18 Mei 2022 19:53 WIB
Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri (tengah) berlari dalam babak pertama 100 meter putra heat 4 cabang atletik Olimpiade Tokyo 2020 di Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Sabtu (31/7/2021). Lalu Muhammad Zohri menempati posisi kelima dari delapan pelari dengan catatan waktu 10,26 detik. ANTARA FOTO/NOC Indonesia/Naif Alas/Handout/sgd/wsj.
Lalu Muhammad Zohri gagal meraih medali di lari 100 meter putra di SEA Games 2021 (Foto: ANTARA FOTO/NOC Indonesia/Naif Al'as/Handout)
Hanoi -

Lalu Muhammad Zohri gagal meraih medali di lari 100 meter putra SEA Games 2021. Ia harus puas berada di urutan keempat.

Zohri yang tampil di final 100 meter putra bersaing dengan tujuh sprinter dari negara-negara Asia Tenggara. Pertandingan final digelar di My Dinh Stadium, Rabu (18/5/2022).

Sayangnya, ia tak mampu keluar sebagai juara. Zohri justru finis di urutan keempat dikalahkan pelari Thailand dan Singapura. Menukil laman SEA Games, ia mencatatkan waktu 10,59 detik.

Medali emas dan perak direbut wakil Thailand, Puripol Boonson dan Soraoat Dapbang. Mereka membukukan waktu masing-masing 10,44 detik dan 10,56 detik. Sementara medali perunggu direbut pelari Singapura Marc Brian Louis dengan catatan waktu 10,56 detik.

Hasil ini tentu di luar dugaan dari PB PASI. Sebab, Zohri merupakan salah satu atlet yang diharapkan bisa menyumbangkan medali emas dari delapan yang dipatok oleh induk organisasi atletik nasional tersebut.

Sebab, meskipun dia berstatus debutan di SEA Games tahun ini, faktanya Zohri memiliki sederet pengalaman bertanding di kejuaraan-kejuaraan internasional level tinggi. Dari Kejuaraan Dunia hingga Olimpiade.

Selain nomor 100 meter putra, Merah Putih juga tanpa medali di nomor 100 meter putri. Wakil Indonesia Valentin Lonteng Vanesa juga berada di peringkat keempat setelah mencatatkan waktu 11,67 detik.

Ia dikalahkan pelari Filipina Kayla Richardson yang menjadi tercepat pertama dengan catatan waktu 11,60 detik. Sementara peringkat kedua dan ketiga direbut pelari Singapura Veronica Shanti Pereira (11,62 detik) dan Thailand Supanich Poolkerd (11,66 detik).

Jauh sebelum Zohri dan Valentin, atletik juga sudah kehilangan emas dari tiga nomor lainnya yang diandalkan. Yakni Emilia Nova di nomor 100 meter lari gawang putri yang harus puas dengan torehan medali peraknya.

Kemudian Sapwaturrahman di nomor lompat jauh putra dan Maria Londa di nomor lompat jauh putri. Keduanya masing-masing meraih medali perunggu. Pada SEA Games 2019, ketiga merupakan peraih medali emas.

Meskipun begitu, atletik masih berpeluang untuk menambah medali dari nomor marathon (Agus Prayogo) dan men's 20 km walk (Hendro). Atletik Indonesia sementara ini masih mengantongi satu medali emas dari tolak peluru putri yang dipersembahkan oleh Eki Febri Ekawati, serta tiga medali perak dan empat medali perunggu.

Tonton juga Video: Sambutan Hangat untuk Tim Esports Peraih Medali di SEA Games 2021

[Gambas:Video 20detik]




(mcy/nds)