SEA Games 2021: Arif Dwi Pangestu Persembahkan Dua Emas untuk Mendiang Ibu

Mercy Raya - Sport
Kamis, 19 Mei 2022 05:15 WIB
Arif Dwi Pangestu meraih medali emas di SEA Games 2021
Arif Dwi Pangestu (tengah) meraih medali emas di SEA Games 2021. (Foto: dok. NOC Indonesia)
Hanoi -

Atlet panahan Arif Dwi Pangestu mempersembahkan dua medali emasnya di SEA Games 2021 untuk mendiang ibu. Ia sukses bikin wanita yang melahirkannya bangga.

Arif, 17 tahun, berhasil menorehkan tinta emas di SEA Games 2021 Vietnam. Pembuktiannya sebagai atlet muda ia wujudkan dengan menjadi yang terbaik di nomor recurve beregu putra dan perorangan pada Rabu (18/5/2022) sore.

Arif lebih dulu mengamankan emas beregu putra bersama Riau Ega Agatha Salsabila dan Bagas Alvyanto. Setelah itu, ia mengantongi kepingan yang sama di nomor individual recurve usai menang 6-2 atas seniornya, Riau Ega Agatha Salsabila, di final yang berlangsung di Ha Noi National Sport Training Center.

Arif mengucap syukur dengan pencapaian besarnya tersebut. Hasil ini menurutnya tak lepas dari pengorbanan ibunya semasa masih hidup.

"Alhamdulillah bisa mendapatkan dua emas. Ini saya persembahkan untuk Indonesia dan almarhumah ibu," kata Arif dalam rilis tim CdM Indonesia.

Almarhum ibunda, sebut Arif, menjadi sosok penting dalam kariernya di panahan. Ia selalu mendukung apa pun keinginan Arif, termasuk dalam berolahraga. Terlebih, sebelum menjadi pemanah, Arif juga menekuni cabang olahraga pencak silat.

"Apa pun didukung sama ibu, apa yang saya suka. Setiap ada pertandingan di daerah, pasti diantar dan ibu selalu momotivasi saya," ujar Arif yang kehilangan sang ibunda tepat satu bulan sebelum dirinya turun di SEA Games 2019 Manila.

"Awalnya berat karena ditinggal ibu, tetapi saya juga ingin membuat ibu bangga meski sudah tidak ada. Saat turun di SEA Games 2019, saya dapat emas di nomor tim putra. Lalu lolos Olimpiade Tokyo, dan dimudahkan jalan untuk memberikan dua emas kepada Indonesia," dia mengungkapkan.

"Saya sempat bilang sama ibu, saya ingin berprestasi. Saya ingin nama saya masuk mesin pencarian di internet, koran dan televisi. Alhamdulillah itu sudah terwujud."

Pemanah Indonesia Riau Ega Agatha Salsabilla (tengah), Arif Dwi Pangestu (kanan) dan Alviyanto Bagas Prastyadi (kiri) berselebrasi usai memenangkan pertandingan babak final nomor Recurve Beregu Putra Panahan SEA Games 2021 Vietnam di Hanoi Sports Training and Competition Center, Hanoi, Vietnam, Rabu (18/5/2022). Tim Indonesia meraih medali emas setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 6-2. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.Pemanah Indonesia Riau Ega Agatha Salsabilla (tengah), Arif Dwi Pangestu (kanan) dan Alviyanto Bagas Prastyadi (kiri) meraih medali emas di nomor Recurve Beregu Putra Panahan SEA Games 2021 Vietnam di Hanoi Sports Training and Competition Center, Hanoi, Vietnam, Rabu (18/5/2022). Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

Di sisi lain, prestasi yang diukir Arif Dwi Pangestu tak membuatnya jemawa. Ia masih penasaran berlaga di kancah Asian Games dan menaklukkan panggung Olimpiade.

"Saya masih sangat penasaran dengan Olimpiade. Saat di Tokyo, saya merasa kurang maksimal karena faktor alam (saat itu tengah badai). Saya ingin bisa lolos kualifikasi Paris (Olimpiade 2024), dan tampil maksimal di sana," ujar Arif.

Tim Panahan Indonesia telah menyumbangkan 4 emas dan 1 perak dari nomor recurve sementara ini. Dua emas medali lainnya didapat dari nomor beregu campuran atas nama Riau Ega Agata Salsabila dan Rezza Octavia. Mereka menang 6-2 atas Malaysia.

Kepingan emas ketiga direbut Rezza Octavia yang tampil di nomor Women's Individual Recurve usai mengalahkan atlet Thailand, Narisara Khunhiranchaiyo, dengan skor 6-0.

Lihat Video: Sambutan Hangat untuk Tim Esports Peraih Medali di SEA Games 2021

[Gambas:Video 20detik]




(mcy/nds)