Komisi X DPR Puji Menpora Amali Terkait Hasil SEA Games 2021

Tim Detikcom - Sport
Selasa, 31 Mei 2022 02:25 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kiri) menyambut sejumlah atlet Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021 Vietnam setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (24/5/2022). Kontingen Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan perolehan 69 medali emas, 91 medali perak dan 80 medali perunggu. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Menpora Zainudin Amali dipuji Komisi X DPR RI (ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta -

Indonesia finis tiga besar SEA Games 2021. Komisi X DPR RI memuji keberhasilan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam penerapan Desain Besar Olahraga Nasional.

Berada di posisi ketiga klasemen akhir, Indonesia meraih 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu. Ini adalah raihan maksimal dari kontingen yang menurunkan 499 atlet di 32 cabang olahraga.

Memang Indonesia terpaut jauh dari Vietnam selaku juara umum dengan 205 medali emas, namun SEA Games memang bukan sasaran utama melainkan hanya sasaran antara. Inilah yang tercantum program DBON Kemenpora di bawah pimpinan Amali saat ini.

Meski masih ada beberapa kekurangan karena ada cabor yang tak memenuhi target, implementasi DBON dipuji oleh Komisi X DPR RI yang memang membawahi bidang olahraga. Ini berarti Amali sudah bisa memenuhi target tiga besar SEA Games 2021 yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo melalui DBON.

DBON sendiri merupakan satu dari sembilan substansi yang ada di dalam UU Keolahragaan, yakni Esports, big data, industri olahraga, atlet sebagai profesi, penghargaan, pendanaan olahraga, suporter, DBON, dan memperjelas kewenangan KONI-KOI.

"Pak Menpora telah menginisiasi DBON ini dan termasuk kita menikmati hasil dari implementasinya menjelang pelaksanaan SEA Games yakni kita berhasil rangking tiga di SEA Games 2021 Vietnam seminggu lalu," kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dalam sambutannya pada Webinar Nasional Program Studi Pendidikan Olahraga Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) secara daring akhir pekan kemarin

"Tentu kita apresiasi setinggi-tingginya kepada Pak Menpora Amali dan jajarannya serta stakeholder olahraga terkait, karena dengan skema DBON ini akhirnya kita meraih prestasi maksimal," sambungnya dalam rilis kepada detikSport.

"DBON ini kita dorong langsung agar pemerintah betul betul ada roadmap dalam mereformasi seluruh perbaikan dunia olahraga nasional kedepan baik dalam jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek."

Menurut Syaiful, apa yang dikerjakan oleh Komisi X dan Kemenpora RI terkait revisi UU Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) menjadi UU Keolahragaan memang didedikasikan untuk perkembangan olahraga Indonesia di level internasional.

"Semoga melalui UU Keolahragaan yang baru ini kita bisa mendorong seluruh proses percepatan perbaikan, percepatan prestasi, percepatan kesejahteraan atlet di masa mendatang sekaligus menyelesaikan tumpang tindihnya kelembagaan yang selama ini menangani olahraga tanah air," tutup Syaiful Huda.

(mrp/pur)