Menpora Amali Juga Ikut Nonton Formula E Jakarta Bareng Jokowi

ADVERTISEMENT

Menpora Amali Juga Ikut Nonton Formula E Jakarta Bareng Jokowi

Tim Detikcom - Sport
Minggu, 05 Jun 2022 02:05 WIB
Menpora Zainudin Amali-Presiden Joko Widodo
Menpora Zainudin Amali (paling kiri) menemani Presiden RI Jokowi nonton Formula E ( Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo ikut menyaksikan balapan bersejarah di Formula E Jakarta 2022. Turut menemaninya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Balapan Formula E akhirnya digelar juga di Sirkuit Internasional E-Prix, Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022) sore WIB. Setelah mengalami penundaan karena pandemi Covid-19, balapan itu bisa digelar juga karena bantuan banyak pihak.

Untuk menopang penyelenggaraan tersebut, ada 31 sponsor yang mendukung dan tentunya restu dari Jokowi sebagai kepala negara. Jokowi pun ikut menonton serta membuka balapan E-Prix perdana di Indonesia.

Sebelum balapan dimulai, Jokowi ditemani beberapa menteri termasuk Menpora Zainudin Amali menyapa para pebalap yang berada di lintasan sirkuit. Selain Menpora Amali, jajaran menteri lainnya juga ikut tampak hadir. Mereka adalah Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menaker Ida Fauziah, Menparekraf Sandiaga Uno.

Ada juga Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Jokowi, Amali, dan beberapa pejabat tinggi itu didampingi juga oleh Co-Founder Formula E Alberto Longo. Jokowi dan Amali sempat berbincang sejenak dengan para pebalap dan Longo.

Lagu Indonesia Raya yang berkumandang di sirkuit turut menemani. Balapan yang dimulai pukul 15.00 WIB itu akhirnya dimenangi oleh driver Jaguar Mitch Evans yang memenangi duel sengit kontra Jean-Eric Vergne di lap terakhir.

Jokowi naik ke atas panggung tanpa ditemani Amali untuk menyerahkan trofi juara kepada Evans, yang disambut tepuk tangan dari para penonton yang hadir langsung.

"Ya Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan baik. Saya kira ini event masa depan," kata Jokowi

"Saya kira ini teknologi yang dipertontonkan di Formula E akan mendukung ke arah sana. Semua akan menuju ke ramah lingkungan," sambungnya,.

"Semua yang baik untuk negara ini kita dukung," tutup Joko Widodo soal kemungkinan balapan Formula E Jakarta dihelat dua seri.

(wad/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT