ADVERTISEMENT

Menpora Tak Cuma Penting untuk Olahraga, tapi Juga Pemuda

Tim Detikcom - Sport
Sabtu, 09 Jul 2022 03:31 WIB
Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali diminta juga memperhatikan bidang kepemudaan (dok.Kemenpora)
Jakarta -

Sebagai Menteri dan Pemuda Olahraga, Zainudin Amali tak cuma bertugas membawa olahraga Indonesia berprestasi. Tapi, dia juga harus membentuk generasi muda yang berkualitas.

Sejak Amali memegang jabatan tersebut pada 2019, olahraga Indonesia terbilang stabil prestasinya. Tradisi medali emas Olimpiade dipertahankan saat Greysia Polii/Apriyani Rahayu berjaya di Tokyo 2020.

Lalu, beberapa event internasional juga berhasil ditaklukkan oleh banyak atlet Indonesia. Sementara target tiga besar SEA Games 2022 juga dipenuhi lewat Program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

DBON memang bertujuan untuk meraih prestasi lewat cabang olahraga yang berpotensi prestasi, sehingga Indonesia bisa fokus untuk berbicara lebih banyak di Olimpiade.

Tapi, sebagai menpora, Amali juga berkewajiban untuk memantau perkembangan generasi muda di Indonesia. Sebab, generasi muda adalah yang jadi tulang punggung Indonesia di berbagai sektor terutama olahraga di masa depan.

Untuk itulah Senior Alumni Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan Pengawas Yapmic, Fachry Ali, menyebut tugas dan fungsi Kemenpora termasuk salah satu yang terberat di kabinet saat ini.

Senior Alumni Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan Pengawas Yapmic Fachry AliSenior Alumni Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan Pengawas Yapmic Fachry Ali (Foto: dok.Kemenpora)

"Kita mendukung sepenuhnya Pak Menpora melaksanakan tugas sucinya membangun kader-kader bangsa dari generasi muda," kata Fachry Ali usai diterima Menpora Amali di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (7/7).

"Sebenarnya dari seluruh kementerian ini yang paling susah dan paling berat tugasnya adalah Menpora," sambungnya dalam rilis kepada detikSport.

"Sudah olahraga digabung juga dengan generasi muda dan apalagi generasi muda dalam struktur saat ini adalah yang terbesar (jumlahnya). Bayangkan Menpora berupaya mengatur begitu banyak generasi muda yang sekarang ini, itu adalah persoalan yang berat sekali."

Menurutnya, proses kaderisasi anak-anak bangsa harus terus mengalir mengingat para pemuda saat ini minim pemahaman sejarah, budaya, sosiologi dan antropologi bangsa.

"Beberapa kasus yang ada belum lama ini adalah menunjukkan bahwa kita mengalami krisis pengkaderan pada semangat kebangsaan. Sebelumnya kesadaran tentang masyarakat terutama pada generasi milenial tentang nasib bangsa itu mengindikasikan tentang kegagalan pengkaderan," papar Fachry Ali.

Sementara itu, Presidium Kahmi Rayon UIN Prof Kusmana menilai program pemerintah untuk mengembangkan generasi muda ini memang bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga harus didukung masyarakat.

"kami sangat berterimakasih mendapat sambutan yang sangat baik dari Pak Menpora Amali yang mendukung penuh usaha-usaha kami dan usaha dari berbagai kelompok masyarakat untuk pengembangan generasi muda dalam berbagai aspek," ujar Kusmana.

"Mudah-mudahan usaha ini terus berlanjut dan Indonesia bisa mencapai satu prestasi untuk ke depannya yang lebih baik dari sebelumnya baik olahraga maupun kepemimpinan dalam organisasi kepemudaan," pungkasnya.

Sambil menunggu kinerja Menpora untuk menaikkan kualitas pemuda, giliran Anda sebagai pembaca detikSport untuk menajamkan kualitas menebak hasil pertandingan. Bakal ada kuis lagi dari QQ288Today.

QQ288Today sebagai platform olahraga kembali mengadakan Kuis Spesial dan Mini Kuis secara cuma-cuma. Hadiahnya juga mantap, yakni berupa ratusan Motor Yamaha N-Max, HP Xiaomi Redmi Note 10s dan HP Xiaomi Redmi 9c, serta Paket Data untuk 1 tahun.

KuisFoto: Istimewa

Selain itu, bakal ada doorprize juga setiap tahunnya hingga ratusan juta rupiah hanya dengan mengikuti kuis secara rutin. Syaratnya mengikuti seluruh akun media sosial @qq288.today dan memberikan like serta komentar.

Lalu, jangan lupa daftar kuis gratis ini dan pilih pertandingan yang akan kalian tebak, masukkan masukan nama lengkap (sesuai KTP) dan nomor Whatsapp lalu langsung submit di kolom yang tersedia dan jangan lupa untuk bagikan link kuis ke 10 temen kamu di media sosial.

Info lebih lanjut akan diinformasikan lewat media sosial. Jadi tunggu apalagi, ayo ikutan!

(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT