ADVERTISEMENT

Perjuangan Keras Dody Syahputra Jadi Juara Dunia Binaraga

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 30 Jul 2022 15:49 WIB
Dody Syahputra meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Binaraga, Bangkok, 17 Juli.
Perjuangan keras Dody Syahputra meraih medali emas di WFF Universe 2022 Bangkok (dok.PERBAFI)
Jakarta -

Dody Syahputra berhasil meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Binaraga bulan ini. Ini hasil dari kerja keras Dody yang pantang menyerah.

Dody jadi salah satu dari lima atlet Indonesia yang turun di Kejuaraan Dunia BInaraga Fisik bertajuk WFF Universe 2022 di Bangkok, Thaland, 17 Juli lalu.

Dialah yang mengangkat bendera Merah-Putih usai meraih medali emas pada kategori overall pro division men beachmodel (fisk). Total ada tiga medali dibawa dari sana, selain emas ada satu perak dan satu perunggu.

Nama Dody jelas harum sekembalinya ke Tanah Air karena prestasinya ini. Tapi, Dody harus melalui perjuangan maha berat sebelum mencapai sukses itu.

Dalam persiapan menuju WFF Universe, Dody harus uang secara mandiri untuk biaya makan, vitamin, sampai suplemen. Sementara PERBAFI sebagai federasi yang menaungi memfasilitasi keberangkatan ke turnamen.

Persoalan klasik di olahraga Indonesia tak membuat Dody patah semangat, karena dia memang ingin membuktikan diri bisa berprestasi.

"Momen tersulit kalau saya sih, mungkin selama persiapan ya. Kita benar-benar harus cari uang sendiri buat biaya makan, vitamin, suplemen dan lain-lain," kata Dody dalam rilis kepada detikSport.

"Tidak lupa juga saya berterima kasih kepada PERBAFI, NABBA-WFF Indonesia yang sudah memfasilitasi dan mendukung saya, sehingga saya bisa bertanding di Kejuaraan Dunia WFF Universe di Thailand," lanjutnya.

Meski Dody masih diselimuti rasa bangga, dia punya target baru di depan mata, yakni kembali meraih medali emas pada ajang WFF World Indonesia di Mandalika November 2022.

"Target saya juara lagi, kebetulan kita sebagai tuan rumah," papar Dody.

Ketua Umum PERBAFI, Kemalsyah Nasution, punya olahraga binaraga fisik ke depannya lebih diperhatikan karena punya potensi prestasi. Menurutnya sejauh ini, dukungan pemerintah masih begitu minim.

"Harapan ke depan khususnya buat pemerintah yang minim dukungan. Saat ini dukungan pemerintah memang minim akan tetapi sudah mulai perlahan-lahan membaik," ujar Kemalsyah.

"Kita sangat mengharapkan agar infrastruktur bagi masyarakat mengenal olahraga ini. Jangan hanya fokus kepada olahraga prestasi saja."

"Namun harus dipahami juga manfaat olahraga masyarakat yang artinya pemerintah mempunyai kewajiban menyiapkan fasilitasnya dan apabila ada diantara mereka yang mengharumkan nama bangsa dapat diberi apresiasi," lanjutnya.

Mengenai sosok Dody, Kemalsyah turut memberikan pujian. Dia menyebut Dody sudah berjuang bersama PERBAFI sejak tahun 2015.

"Dody ini berjuang sejak 2015 bersama PERBAFI. Beliau mempunyai komitmen yang sangat kuat dalam menghadapi setiap kejuaraan dan juga mempunyai komitmen yang sangat tinggi kepada organisasi dalam hal ini PERBAFI," demikian Kemalsyah.

(mrp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT