ADVERTISEMENT

Mimpi Drifter Muda Umbu Gillberth Jadi Nomor Satu di Tanah Air

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 31 Jul 2022 23:09 WIB
Drifter Umbu Gillberth yang memperkuat Alpha Rules Black Speed Racing Team
Drifter muda 16 tahun Umbu Gillberth (Foto: dok.Alpha Rules Black Speed Racing Team)
Karawaci -

Siapapun bebas punya mimpi setinggi mungkin untuk dicapai, termasuk drifter muda Umbu Gillberth Kabunang. Umbu bertekad jadi drifter nomor satu di Tanah Air.

Mungkin belum banyak yang mengenal Umbu karena dia baru berumur 16 tahun saat tampil di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Indonesia Drift Series (IDS) putaran kedua di J99Maxx Drift Circuit, Karawaci, Tangerang, Sabtu (30/07/2022).

Umbu jadi salah satu dari banyak drifter muda yang turun di ajang tersebut. Memang kejurnas tersebut diadakan untuk menghadirkan banyak drifter muda. Umbu sendiri memperkuat Alpha Rules Black Speed Racing Team.

"Kejurnas IDS diharapkan dapat menghadirkan generasi baru yang berkualitas dan dapat bersaing," ujar Ketua IDS Muhammaf Sofyan.

Sebagai drifter termuda, Umbu sudah memikat perhatian sejak putaran pertama di mana dia finis posisi ketiga pada kelas Pro 2. Ini sejalan dengan keinginannya untuk terus memikat publik otomotif nasional.

Drifter Umbu Gillberth yang memperkuat Alpha Rules Black Speed Racing TeamDrifter Umbu Gillberth yang memperkuat Alpha Rules Black Speed Racing Team Foto: dok.Alpha Rules Black Speed Racing Team

Sebab Umbu mau menjadikan drifter sebagai profesinya di masa depan karena merasa Motorsport adalah kegiatan yang sangat menarik, terutama memancing adrenalinnya.

"Mungkin saat ini racer belum menjadi profesi yang banyak peminat nya di Indonesia, tetapi lebih baik melatih dan mempersiapkan skill saya se-dini mungkin sehingga saya bisa menjadi professional racer di masa depan" ujar Umbu dalam perbincangan dengan detikSport di lokasi balapan.

"Berbeda dari yang lain, drifting memerlukan skill tertentu sehingga kita dapat mengendalikan mobil yang sedang-sideways, dibutuhkan ketekunan dan feeling yang kuat agar mobil tetap dalam kendali kita. Sehingga drifting dapat terlihat bagus bagi penonton dan judge drifting," sambungnya.

Terkait prestasi Umbu, sejauh ini dia sudah meraih juara 1 GamasalaDrift Battle (GDB) Round 2 di bulan Maret 2022. Lalu juara 1 kategori Pro di Edutown Drift Prix (EDP) Round 1 bulan Maret 2022 dan sederet prestasi lainnya.

Drifter Umbu Gillberth yang memperkuat Alpha Rules Black Speed Racing TeamDrifter Umbu Gillberth yang memperkuat Alpha Rules Black Speed Racing Team Foto: dok.Alpha Rules Black Speed Racing Team

Sayangnya, dewi fortuna belum berpihak kepada Umbu pada putaran kedua ini. Meski dia meraih posisi pertama pada sesi kualifikasi, dia cuma sampai babak perempatfinal pada ronde final karena persoalan pada mesin sehingga mobilnya terpelintir.

Alhasil, Umbu Gillberth cuma berada di posisi delapan besar kelas Pro 2. Hasilnya memang mengecewakan, tapi Umbu tak mau patah arang dan menjadikan ini sebagai pembelajaran untuk putaran ketiga di Semarang bulan depan.

"Ya memang hasil mengecewakan karena gagal ke final. Tapi ini bakal jadi pelecut semangat buat bangkit dan menang di putaran ketiga. Doakan saja ya," tutup Umbu Gillberth.



Simak Video "Kenalkan Firo, Bocah 11 Tahun Jago Drifting"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT