ADVERTISEMENT

KX-1 Kickboxing Championship Hadir Lagi, Sajikan Pertarungan 16 Atlet

Mercy Raya - Sport
Kamis, 18 Agu 2022 23:30 WIB
Kejuaraan Kickboxing Profesional di Indonesia kembali digelar di Jakarta, pada Jumat (19/8/2022). Juaranya berpeluang tampil di event-event kombat regional hingga internasional.
Kejuaraan Kickboxing profesional Indonesia kembali digelar di Jakarta. (Foto: Mercy Raya/detikcom)
Jakarta -

Kejuaraan kickboxing profesional di Indonesia kembali digelar di Jakarta, pada Jumat (19/8/2022). Juaranya berpeluang tampil di event-event kombat regional hingga internasional.

Promotor dari KX-1 Kickboxing Championship, Abdul Rohman, menyebut event ketiga ini mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan pada edisi pertama. Pada seri kali ini, KX-1 telah bergabung dalam satu wadah berafiliasi internasional, yaitu ISKA (International Sport Kickboxing Association) Indonesia.

"Sebelumnya kami masih berafiliasi dengan lokal, artinya dari kickboxing amatir yang kami buat profesional. Tapi, ajang kali ini sudah terafiliasi dengan internasional," kata Abdul Rohman dalam jumpa pers di Tambora, pada Kamis (18/8/2022).

"Dengan begitu, penyelenggaraan KX-1 seri 3 dan insya Allah seri-seri berikutnya akan berdasar pada aturan dan sanksi ISKA Internasional," ujarnya.

Rohman menjelaskan, KX-1 Kickboxing Championship 2022 telah masuk dalam agenda event ISKA internasional. Untuk itu, diharapkan melalui ajang ini para atlet yang menjadi juaranya dapat diarahkan ke event-event yang lebih tinggi.

"Target kami berikutnya adalah dapat membawa para petarung kami untuk berlaga dalam event-event kombat profesional di tingkat regional, kontinental, maupun internasional," tuturnya.

"Jadi pasti (dipromosikan). Rencana sudah ada tapi kami akan ciptakan dulu juara nasional, setelah terbentuk baru akan dibawa ke internasional."

Adapun kejuaraan ini akan mempertandingkan 16 petarung profesional untuk chapter pertama. Tujuh partai di antaranya akan bertanding di kelas-kelas kickboxing, antara lain kelas 63,5 kg sebagai main event yang menyajikan pertarungan Daniel M. Tahulending vs Dedy F. Lubis.

Lalu kelas 61kg (dua event), kelas 53,5 kg, 81,5 kg, 48 kg, dan 65 kg. Sementara satu partai sisanya nomor free style boxing kelas 61 kg.

Menyoal aspek keselamatan, Presiden ISKA Indonesia Mustadi menjamin bahwa kejuaran yang diselenggarakan sudah memperhatikan aspek safety dari setiap petarung. Bagaimana pun, olahraga bela diri termasuk yang paling riskan bagi keselamatan atlet.

"Masalah keselamatan dan untuk atlet itu yang utama, itu lah kenapa event KX-1 ini berada di bawah satu badan organisasi yang sah, yang resmi di bawah ISKA internasional," kata Mustadi dalam kesempatan yang sama.

"Artinya, ada sesuatu yang diawasi, termasuk pelaksanaan, prosedurnya, maupun keselamatan. Kemudian wasit dan jurinya juga sudah tersertifikasi sehingga dia tahu batasan-batasan di mana membuat pertarungan ini aman," ujarnya.



Simak Video "Timnas Indonesia Sukses Sungkurkan Curacao (Lagi)"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT