ADVERTISEMENT

Menpora Dampingi Presiden di Jamnas 2022, Titip Pesan untuk Pemuda

Tim Detikcom - Sport
Jumat, 19 Agu 2022 22:10 WIB
Menpora Zainudin Amali-Presiden Jokowi saat hadiri Jamnas 2022, Jumat (19/8/2022)
Presiden Jokowi didampingi Menpora Zainudin Amali di Jambore Nasional 2022 (dok.Kemenpora)
Cibubur -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyebut pramuka adalah bagian generasi muda yang harus diperhatikan. Sebab ini penting untuk masa depan bangsa.

Hal ini dikatakan Amali saat mendampingi Presiden RI Joko Widodo meninjau pelaksanaan Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur (Buperta Cibubur), Jumat (19/8) pagi. Amali menyebut Jokowi sangat terkesan dengan penyelenggaraan Jamnas 2022.

Jamnas 2022 mengusung temaCeria, Berdedikasi, dan Berprestasidiisi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Patriotisme,Scouts for SDG's, Sustainability, New Energy, Up Date- Kekinian and Digital, sertaNetworking and Grab the Future.

"Pagi ini saya mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Jamnas 2022. Tadi beliau menyampaikan bahwa Jamnas 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya," kata Amali dalam keterangan kepada detikSport.

Berbagai kegiatan Jamnas XI dilaksanakan melalui pendekatan yang bersifat edukasi, rekreasi, kreatif, produktif, inovatif, kompetitif dan menantang. Menurutnya, Pramuka menjadi bagian dari generasi muda yang juga harus diberikan perhatian.

Apalagi generasi pemuda yang akan nanti jadi tulang punggung Indonesia di banyak sektor, terutama olahraga. Amali berkali-kali menegaskan soal pentingnya pemuda untuk regenerasi atlet-atlet yang akan jadi tulang punggung Indonesia di masa depan.

Sebab, dengan kegiatan pramuka, maka para pemuda-pemudi bakal punya semangat kekeluargaan dan kebersamaan yang tinggi. Itu bakal jadi modal penting membentuk mental atlet.

"Pramuka itu selain pelaksanaan pembinaan melalui sekolah, adajuga di kelompok masyarakat, bahkan ada di kelompok mahasiswa sehingga itu menjadi tugas Kemenpora untuk mendampingi dan membina mereka," Amali menambahkan.

"Saya kira ini antusias peserta Jamnas 2022 sangat luar biasa. Bapak Presiden Joko Widodo tadi keliling di semua tempat. Bapak Presiden sangat terkesan dengan penyelenggaraan Jamnas 2022."

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Budi Waseso, mengatakan bahwa Jamnas 2022 diikuti 12 ribu peserta, dari masing-masing Kwarda dan Kwarcab seluruh Indonesia, termasuk utusan organisasi Pramuka di kawasan Asia Pasifik

"Ya jadi satu orang satu tenda, kalau dulu kan satu tenda satu regu. Di mana mereka juga kita kenalkan bagaimana kita harus ikut mencegah daripada berkembangnya penularan virus," kata Buwas.

(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT