ADVERTISEMENT

Liga Golf Jakarta Bergulir, Jadi Ajang Pembibitan Atlet Muda

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 24 Agu 2022 02:53 WIB
Liga Golf Jakarta 2022 dihelat mulai Agustus hingga Oktober yang diikuti sekitar 400 atlet dari 25 klub golf di Jakarta.
Liga Golf Jakarta 2022 resmi dimulai pekan ini (dok.Liga Golf Jakarta)
Jakarta -

Liga Golf Jakarta (LGJ) akhirnya resmi bergulir juga pekan ini. Liga ini bakal jadi ajang pembibitan para pegolf muda di ibukota.

LGJ diprakarsai Ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jakarta M. Reza Rajasa. Upacara pembukaan dilakukan di Jakarta Golf Club, Ramawangun, Jakarta Timur, Selasa (23/8/2022) pagi WIB. Ada sekitar 440 pegolf dari total 25 klub golf jadi peserta

Dimulai sejak pukul 07.00 WIB, Ketua KONI DKI Hidayat Humaid turut hadir didampingi perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Uden Kusumawijaya yang merupakan Tenaga Ahli Kemenpora.

Kemenpora mengapresiasi sekaligus mendukung penyelenggaraan kompetisi ini. Menurut Uden, LGJ adalah wadah yang bagus untuk menyatukan ratusan klub golf di ibukota.

Sehingga, nantinya federasi bisa lebih mudah menyaring bibit-bibit baru untuk masa depan golf Jakarta dan Indonesia.

Liga Golf Jakarta 2022 dihelat mulai Agustus hingga Oktober yang diikuti sekitar 400 atlet dari 25 klub golf di Jakarta.Liga Golf Jakarta 2022 dihelat mulai Agustus hingga Oktober yang diikuti sekitar 400 atlet dari 25 klub golf di Jakarta. Foto: dok.Liga Golf Jakarta



"Ini baru pertama kali bergulir dan tentu saja ini sumbangan pemikiran yang bagus dari Ketua PGI DKI Jakarta, Reza Rajasa. Karena selama ini golf ini tersebar dan tak ada ikatan yang kuat dalam hal turnamen," kata Uden dalam rilis kepada detikSport.

"Ajang seperti ini akan membuat semua pegolf menyatu. Selain itu juga atlet akan mudah dipantau. Harapan kami ajang ini tak hanya satu kali, tapi terus bergulir," Uden menambahkan.



Sementara itu, Hidayat mengungkapkan kegembiraannya dan apresiasi setinggi-tingginya atas Liga Golf Jakarta. Ia menyatakan kalau Liga Golf Jakarta ini adalah konsep baru dari ajang golf di Indonesia.

Menurutnya, ajang ini membuat atlet mendapat kesempatan lebih banyak bertanding. "Sehingga nantinya akan membawa atlet lebih cepat prestasinya. Saya sangat mendukung sekali adanya Liga Golf Jakarta.

Ajang ini akan berlangsung sekitar tiga bulan mulai 23 Agustus hingga Oktober. Selain di Jakarta Golf Club, ajang ini juga akan bergulir di padang golf lainnya yakni Halim 1, Pangkalan Jati, Royale Jakarta Golf, dan Damai Indah Golf.

Reza Rajasa mengungkapkan selain menjadi ajang silaturahmi antar klub ibukota, LGJ juga menjadi ajang untuk mencari bibit atlet baru potensial. Sebab setiap klub peserta diminta membawa minimal satu pegolf junior baru di luar atlet-atlet nasional.

Selain itu, LGJ jadi jawaban dari aspirasi klub-klub di Jakarta yang mengharapkan adanya kompetisi berkelanjutan untuk klub. Sebagai informasi, pertandingan golf di Indonesia kebanyakan memakai format strokeplay, yakni bergulir selama 1-3 hari.

"Ajang ini atas apresiasi dari semua pihak, termasuk klub. Liga Golf Jakarta mewajibkan klub membawa satu atlet junior. DKI memiliki 109 klub, bayangkan jika setiap klub memiliki satu atlet junior dan bertanding di kompetisi level elite. Kemampuan mereka akan terasah dan DKI akan mendapat tambahan 109 atlet junior baru," kata Reza.

Tonton juga Video: Tak Hanya Golf, Ini Ragam Olahraga yang Digemari Rasyid Rajasa

[Gambas:Video 20detik]




(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT