ADVERTISEMENT

KONI Pusat Didukung Belasan Perusahaan Swasta, Ini Harapannya

Mercy Raya - Sport
Rabu, 05 Okt 2022 19:12 WIB
Marciano Norman
Foto: dok. KONI Pusat
Jakarta -

KONI Pusat mendapat dukungan dari belasan perusahaan swasta bidang mineral dan batu bara guna semakin meningkatkan prestasi olahraga nasional.

Momen itu pun diikrarkan kedua belah pihak dalam acara di kawasan Jakarta Selatan, pada Selasa (4/10) malam. Hadir dalam momen yang sudah disiapkan jauh-jauh hari tersebut Ketua KONI Pusat Marciano Norman, Direktorat Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin, serta belasan perusahaan di bidang yang sama.

Dalam kesempatan tersebut, KONI Pusat lebih dulu memaparkan program pembinaan atlet yang akan diwujudkan. Kepala Bidang Mobilisasi Sumber Daya (MSD) KONI Pusat Gembong Primadjaya didampingi wakilnya, Anjar Nugraha mempresentasikan program-program KONI Pusat tersebut.

Pertama yang disampaikan ialah rencana menggelar KONI Championship, dalam rangka memperingati HUT KONI ke-84. Perusahaan Mineral dan Batu Bara sendiri akan menjadi peserta dan bertanding cabang olahraga bola, basket, bulu tangkis, tenis, Esports, dan futsal.

Lebih dari 800 UMKM mitra KONI Pusat akan berpartisipasi pada kegiatan tersebut guna mendongkrak industri olahraga dalam negeri. Sejatinya, olahraga di Tanah Air dapat maju bersamaan dengan majunya industri lokal yang menambah kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, KONI juga akan menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) Bela Diri/ Indonesia Martial Art Games (IMAG) di Solo guna mempersiapkan atlet pada keikutsertaan Asian Martial Art Games. Kemudian ada PON Indoor untuk menghadapi Asian Indoor Games.

Kemudian, PON Pantai/Indonesia Beach Games yang berkaitan dengan World Beach Games dan Asian Beach Games, antara lain di NTB-NTT, Jakarta, Bali dan Sulawesi Utara. Tujuannya untuk mendongkrak sisi Sports Tourism selain kualitas kompetisi.

Tak kalah penting, untuk menjaring dan menyaring atlet muda KONI Pusat berencana menggelar PON Remaja. Hasil dari kompetisi akan berhubungan dengan keikutsertaan dalam Youth Olympic Games, dan Asian Youth Games. Bakal calon tuan rumahnya antara lain NTB-NTT, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Barat.

"Mari kita membuat Indonesia hebat karena prestasi olahraganya. Kolaborasi kita akan membangkitkan olahraga kita. Kontribusi saudara-saudara akan kami kembalikan dalam bentuk prestasi," kata Marciano dalam keterangan tertulis yang diterima detikSport, Rabu (5/10/2022).

Marciano pun optimistis kolaborasi ini dapat memberikan dampak positif bagi prestasi olahraga Indonesia ke depannya.

"Saya yakin kolaborasi KONI Pusat selaku induk organisasi olahraga dengan para pengusaha mineral dan batu bara dapat memberikan dukungan optimal kepada para atlet kita agar bisa lebih berprestasi lagi dan kompetisi-kompetisinya semakin sering," kata eks Kepala BIN ini.

Sementara itu, Ridwan mengapresiasi upaya KONI Pusat dalam memajukan olahraga Indonesia.

"Dari segi pemerintah, tentunya pemerintah sudah berusaha mendukung namun kita belum menggalang kekuatan masyarakat, dalam hal ini melalui badan usaha, untuk bersama-sama mendukung olahraga Indonesia karena olahraga adalah cermin kemajuan bangsa," katanya.

"Olahraga adalah cermin budaya bangsa, cermin kemajuan bangsa sehingga menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memajukan olahraga," Ridwan mempertegas.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT