Kualifikasi Piala Dunia Equestrian 2022 Mulai Pekan Ini

ADVERTISEMENT

Kualifikasi Piala Dunia Equestrian 2022 Mulai Pekan Ini

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 11 Nov 2022 17:50 WIB
Kualifikasi Piala Dunia Equestrian 2022 dihelat di Pulomas, Jakarta, 12-13 November
Kualifikasi Piala Dunia Equestrian 2022 dihelat di Jakarta akhir pekan ini (dok.Pordasi)
Jakarta -

Kualifikasi Piala Dunia Equestrian 2022 bakal dimulai akhir pekan ini. Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan ikut nonton dan membuka secara resmi.

Laga kualifkasi Piala Dunia Berkuda itu akan dihelat mulai Sabtu-Minggu, 12-13 November, di Equinara Horse Sport, Pulomas, Jakarta Timur. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Equinara Horse Sports dan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi).

Didaulat untuk membuka acara ini adalah Heru Budi Hartono selaku Pj Gubernur DKI Jakarta yang bakal menyerahkan Piala Gubernur DKI Jakarta 2022 pada kelas bergengsi.

Sekjen PP Pordasi Adinda Yuanita merasa senang dengan dihelatnya Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Jakarta. Ini bisa jadi pintu untuk atlet berkuda Indonesia unjuk gigi di kancah internasional.

Pemenang dari kualifikasi ini akan diundang untuk hadir berkompetisi pada Final Kejuaraan Dunia April 2023 mewakili Indonesia. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, khususnya kepada PJ Gubernur DKI Jakarta yang telah bersedia hadir dalam pertandingan ini.

"Olahraga berkuda equestrian selama ini telah menunjukkan prestasi yang baik khususnya pada level Asia Tenggara. Indonesia beberapa kali menjadi juara umum di ajang SEA Games. Saat ini olahraga equestrian sedang booming di berbagai daerah di Indonesia. Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia ini merupakan pintu masuk bagi para atlet Indonesia untuk 'naik kelas' ke kancah Internasional, di mana para pesertanya baik atlet penunggang maupun kuda akan masuk tercatat ke dalam FEI ranking," ujar Adinda dalam rilis kepada detikSport.

Sementara Ketua Panitia Acara Charles Honoris menyatakan menyebut ada 300 peserta yang ikuti dalam 20 kelas yang dipertandingkan. Dia berharap turnamen ini berlangsung lancar dan atlet bisa bersaing secara sportif.

"Kualifikasi ini melibatkan 5 orang official internasional yang bernaung dibawah Federasi Equestrian International (FEI). Pertandingan akan dibagi dalam 20 kelas, diikuti oleh sekitar 300 peserta terdaftar (entry) yang berasal 20 klub dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam rangkaian acara ini juga dipertandingkan Equestrian Solidarity Challenge Playoffs & Equinara Jakarta Derby 2022. Sebagai tambahan informasi, publik dapat menyaksikan acara ini tanpa dipungut biaya," kata Charles.


Para Atlet Nasional yang mengikuti event ini adalah Ferry Wahyu Hadiyanto (Equinara), Marco Wowiling (Equinara), Yoel Momongan (Equinara), Marco Momuat (Aragon), Jendry Palandeng (Top Line H), Reshwara Radinal (Djiugo), dan peserta lainnya.

Ada juga perwakilan dari Federasi Equestrian Internasional yang bakal hadir seperti Titien Irvianty Ibrahim (Singapura) President of Ground Jury sebagai Level 3 Jumping Judge, Nai Yue Ho (Singapura) sebagai Level 3 Jumping Judge, Ramin Shafiee (Iran) sebagai Level 4 Course Designer, Amir Mohsen Zakeri (Iran) sebagai Level 3 Jumping Steward, dan Alice Mak (Hongkong) Level 3 Jumping Steward.

Selain kualifikasi kejuaraan dunia equestrian, pada kompetisi ini juga akan diselenggarakan Equestrian Solidarity Challenge Playoffs 2022, yaitu final dari serangkaian kejuaraan challenge yang telah diadakan dua seri sebelumnya yang mempertandingkan kelas-kelas pembinaan menuju multievent internasional.

Lalu, ada juga Equinara Jakarta Derby 2022, yaitu kejuaraan yang menggabungkan ketangkasan melompati rintangan pole dengan rintangan alam. Kejuaraan ini sangat diperlukan untuk mempersiapkan atlet-atlet menuju disiplin eventing dan jumping standar internasional.

Charles juga menyampaikan apresiasinya kepada FEI, PJ Gubernur DKI Jakarta, PP Pordasi, PT Pulo Mas Jaya, Equinara Horse Sports, Aragon Stable, Bank Mayapada, Halodoc, Oxone, Kezillaz, para pemilik stable, pemilik kuda, atlet, serta Komunitas Indonesian Horse Lovers, sehingga acara ini bisa terselenggara dengan baik.



Simak Video "Anies Berharap Olahraga Berkuda Diminati Warga Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT