Bakal Ada Triatlon di Waduk Jatiluhur Pekan Depan

ADVERTISEMENT

Bakal Ada Triatlon di Waduk Jatiluhur Pekan Depan

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 08 Jan 2023 23:48 WIB
Lomba Triatlon dihelat di awal tahun 2023. Uniknya event tersebut tidak dihelat di pantai, melainkan di Waduk!

Ajang itu bernama ITB Jatiluhur International Triatlon yang dihelat di Kawasan Danau Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Minggu (15/1/2023) pekan depan.
Jatiluhur Open Water Swim Test, Road to ITB Jatiluhur International Triathlon (dok.ALSI)
Bandung -

Lomba Triatlon dihelat di awal tahun 2023. Uniknya event tersebut tidak dihelat di pantai, melainkan di Waduk!

Ajang itu bernama ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 yang dihelat di Kawasan Danau Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Minggu (15/1/2023) pekan depan.

Kegiatan ini diprakarsai Ikatan Alumni Sipil (ALSI) Institut Teknologi Bandung dan Perum Jasa Tirta II sebagai pengelola kawasan Jatiluhur, didukung penuh oleh Kementerian BUMN dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta beserta seluruh jajaran Forkopimda.

Event triatlon ini terbilang istimewa karena akan dihelat di Waduk Jatiluhur yang merupakan waduk terbesar di Indonesia dan terluas di Asia Tenggara. Para peserta nantinya akan merasakan sensasi berenang di danau air tawar yang kualitasnya terjaga.

Luas waduk ini mencapai 8.300 hektar dan bisa menampung air sekitar 2,5 miliar meter kubik. Sehingga bisa dibayangkan bukan bagaimana perjuangan para pesertanya?

Nantinya ada dua kategori lomba, yaitu Olympic Distance (berenang sejauh 1.500 meter, bersepeda 40 KM dan lari 10 KM) dan Sprint Distance (berenang 750 meter, bersepeda 20 KM dan lari 5 KM).

Di samping kelas individual, tersedia juga kelas relay beregu 3 orang (renang, sepeda dan lari) untuk masing-masing kategori.

"Kami menggagas even triatlon di Danau Jatiluhur ini dengan harapan bisa memfasilitasi animo para pegiat olahraga triatlon di tanah air yang selama ini mendambakan event yang berkualitas, selain juga tentunya bisa menjadi sarana interaksi dan silaturahmi di kalangan pegiat olahraga alumni ITB yang sekarang banyak menekuni berbagai macam kegiatan olahraga endurance," ujar Ketua Umum ALSI ITB, Abdul Malik Sadat Idris, ST, M.Eng, dalam rilis kepada detikSport.



Simak Video "Cuaca Buruk, Jutaan Ikan di Waduk Jatiluhur Mati Massal"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT