ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 Selesai, Ini Hasilnya

ADVERTISEMENT

ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 Selesai, Ini Hasilnya

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 18 Jan 2023 00:48 WIB
ITB Jatiluhur International Triathlon 2023
Hasil ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 akhir pekan kemarin (dok.ITB Jatiluhur International Triathlon 2023)
Purwakarta -

ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 sudah selesai. Berikut hasil ajang triatlon internasional pertama tahun ini di Indonesia.

Ajang triatlon yang diprakarsai oleh Ikatan Alumni Teknik Sipil ITB dan Perum Jasa Tirta II dihelat di Bendungan Jatiluhur, Minggu (15/1/2023). Para peserta lomba dilepas langsung oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, yang didampingi oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, serta jajaran direksi Perum Jasa Tirta II sebagai pengelola Waduk Jatiluhur.

Sebanyak 232 peserta dari delapan negara turut berkompetisi untuk menyelesaikan lintasan renang, lintasan sepeda dan lintasan lari yang terbagi menjadi dalam dua kategori.

Kategori pertama adalah Sprint Distance dengan jarak renang 750 meter, sepeda 20 kilometer, dan lari 5 kilometer. Sementara untuk kategori yang kedua adalah Olympic Distance dengan jarak renang 1.500 meter, sepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer.

Untuk lomba kali ini, ada tujuh kategori perlombaan yang memenuhi syarat untuk dilombakan yaitu Male Sprint Distance Solo, Male Sprint Distance Solo Alumni, Male Sprint Distance Solo Junior, Male Olympic Distance Solo, Male Olympic Distance Solo Alumni, Female Sprint Distance Relay Alumni, dan Female Sprint Distance Solo.

Setelah menyelesaikan lintasan renang, para peserta segera menuju transisi area yang berada di depan Jatiluhur Water World untuk mengambil sepeda dan melanjutkan lomba di lintasan sepeda.

Menurut para peserta, lintasan lomba sepeda di ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 ini sangat menantang karena memiliki elevation gain sekitar 750 meter untuk kategori Sprint Distance dan elevation gain 1500 meter untuk kategori Olympic Distance.

Daya tahan dan kekuatan para peserta sangat diuji dalam lintasan sepeda ini. Peserta yang telah menyelesaikan lintasan sepeda kemudian melanjutkan dengan lomba di lintasan lari.

Lintasan lari menjadi ciri khas utama dan daya tarik ajang ini karena melewati tubuh bendungan Jatiluhur yang sangat ikonik dan bersejarah.

Lomba lari menjadi lomba penutup olahraga berbasis daya tahan ini dan para peserta melewati garis finis yang berada di depan wisata kolam renang Jatiluhur Water World.

"Kami mengeksplorasi keindahan Jatiluhur 100 persen, tidak ke mana-mana. Fokus 'menjual' keindahan waduk terbesar se-Asia Tenggara," ujar Race Director Beny Yusron dalam rilis kepada detikSport.

Muncul sebagai juara adalah Kopda Hari Rohman dari Satkopaska Koarmada I di kategori Olympic Distance Solo, lalu di posisi kedua ada Serda Marinir Debby Anggrean dan podium ketiga jadi milik Steve Dow dari Inggris. Untuk hasil lengkap pertandingan dapat diakses melalui link ini.

Melihat antusiasme peserta dan dukungan Pemkab Puwakarta, Iluni Teknik Sipil ITB dan Perum Jasa Tirta II berharap ITB Jatiluhur International Triathlon dapat menjadi agenda rutin tahunan.

(mrp/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT