Misi Peselancar Indonesia Rio Waida Rebut Tiket Olimpiade Paris

ADVERTISEMENT

Misi Peselancar Indonesia Rio Waida Rebut Tiket Olimpiade Paris

Mercy Raya - Sport
Rabu, 18 Jan 2023 18:30 WIB
Rio Waida
Foto: Dok. PSOI
Jakarta -

Peselancar Indonesia Rio Waida bertekad tampil kembali di Olimpiade. Ia pun berupaya agar masuk top ten dari tur kejuaraan WSL musim 2023 agar dapat mengantongi tiket ke Paris.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI) Tipi Jabrik dalam Munas PB PSOI yang berlangsung 16-18 Januari, di kawasan Gatot Subroto, Jakarta.

Tipi menyebut Rio harus mengikuti semua event Championship Tour World Surf League (WSL) sepanjang tahun 2023 demi lolos kualifikasi Olimpiade.

Menilik laman jadwal WSL, total ada 11 event championship tour. Dua kejuaraan terdekat dan akan diikuti Rio ialah Billabong Pro Pipeline (event 1) di Banzai Pipeline, Oahu, Hawaii pada 29 Januari hingga 10 Februari. Serta Hurley Pro Sunset Beach (event 2) di Sunset Beach, Oahu, Hawaii, pada 12 -23 Februari.

Di kejuaraan dunia selancar tersebut, Rio Waida berstatus rookie.

"Sejauh ini dari segi kesiapan dia (Rio) sudah siap. Rio sudah berada di Hawaii dalam dua bulan terakhir ini untuk adaptasi, latihan, dan mencoba seluruh peralatannya. Sejauh ini, ia sangat percaya diri," kata Tipi kepada pewarta.

Tipi meyakini Rio dapat tampil baik karena karakter ombak di Hawaii hampir mirip dengan di Pacitan. Sementara, Rio sudah pernah juara di pantai di daerah tersebut.

"Rio sudah sangat familier dengan karakter ombak di Hawaii. Dia juga sudah beberapa kali juara di Pacitan dengan karakter ombaknya hampir sama dengan di sana. Mudah-mudahan Rio bisa memberikan yang terbaik," ujarnya.

Selain harus tampil terbaik, Rio Waida juga wajib finis top 22 dari 34 surfer di lima event awal dari 11 event Championship Tour WSL.

"Karena hasil itu akan menjadi tiket Rio main di event selanjutnya (6-11) Championship Tour WSL. Dari hasil keseluruhan itu lah nanti hasil akhir ranking Rio. Jika dia mampu masuk top ten maka dia otomatis lolos kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris," Tipi menjelaskan.

"Untuk bisa tembus top tentu fisik dan mental harus dijaga. Jangan sampai cedera apalagi mental down, karena itu kami juga butuh dukungan masyarakat Indonesia agar menjadi motivasi Rio di kejuaraan tersebut," Tipi Jabrik mengimbau.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT