detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 10 Jan 2020 20:45 WIB

Menpora: IBL Jadi Awal Persiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2023

Angling Adhitya Purbaya - detikSport
Menpora Zainudin Amali membuka IBL 2020 di Semarang. (Angling Adhitya Purbaya/detikSport)
Jakarta - Menpora Zainudin Amali dengan resmi membuka Indonesian Basketbal League (IBL) 2020. Dia berharap ajang itu menjadi salah satu persiapan tuan rumah Piala Dunia Basket 2023.

IBL 2020 tip-off di GOR Sahabat, Semarang, Jumat (10/1). Amali yang secara resmi membuka kompetisi bola basket paling bergengsi di Tanah Air.

Amali, dalam sambutannya, mengatakan antusias masyarakat Indonesia terhadap basket makin bertambah.

"Seri Semarang ini luar biasa, ini ramai," kata Zainudin, Jumat (10/1/2020) malam.


Ia menjelaskan tahun 2023 Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket. Maka ia berharap kejuaraan IBL 2020 menjadi awal persiapan menuju ke sana baik dari segi penyelenggaraan maupun pemain.

"Kami dukung upaya memajukan basket. Kita 2023 akan jadi tuan rumah kejuaraan basket dunia. Apa yang dilakukan hari ini merupakan persiapan," dia menjelaskan.

IBL 2020 diramaikan oleh 10 tim bertanding termasuk Tim Nasional, yang menggunakan nama Indonesia Patriot, yang untuk pertama kalinya masuk di IBL. Amali berharap pemain Indonesia menempa kemampuannya dalam ajang ini dan Timnas bermain makin stabil untuk menghadapi ajang internasional.

"Timnas yang ini pernah saya tonton di sea games. Saya harap makin stabil, karena kita akan jadi tuan rumah," dia menjelaskan.

Dalam pembukaan IBL tersebut Menpora juga melakukan simbolik menembakkan bola basket ke dalam ring.

Sementara itu hati ini digelar 3 pertandingan dan 2 pertandingan di antaranya telah terselenggara. Pertandingan pertama yaitu Louvre Surabaya melawan BPD DIY Bima Perkasa dengan hasil 81-71. Louvre yang baru musim ini bergabung mencetak kemenangan di pertandingan pertama.

Pertandingan kedua yaitu antara NSH Jakarta dan Satria Muda Pertamina. Pertandingan berlangsung alot dengan hasil akhir 59-69 dengan kemenangan untuk Satria Muda Pertamina. Pertandingan terakhir yaitu antara Satya Wacana Salatiga melawan Amarta Hangtuah yang sedang berlangsung.



Simak Video "Jokowi Minta Menpora Baru Poles Timnas Sepakbola Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com