ADVERTISEMENT

Drawing FIBA Asia Cup 2022: Indonesia Masuk Grup A Bersama Australia

Muhammad Robbani - Sport
Jumat, 18 Feb 2022 16:15 WIB
FIBA Asia cup
Foto: detikcom/Muhammad Robbani
Jakarta -

Timnas Basket Indonesia masuk Grup A FIBA Asia Cup 2022. Grup A diisi oleh tiga peserta lainnya yakni Arab Saudi, Yordania, dan juara bertahan Australia.

Hal ini diketahui dari drawing yang digelar di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (18/2/2022). Sebanyak 16 tim diundi masuk ke empat grup yang masing-masing berisi 4 tim.

Sebelum drawing, Indonesia ditempatkan di pot 4. Indonesia diberikan keistimewaan untuk memilih sendiri grup yang dikehendakinya.

Dalam proses drawing, panitia memanggil Presiden Perbasi Danny Kosasih untuk memilih grup buat Indonesia. Di atas panggung, ia memilih Timnas Basket Indonesia masuk Grup A.

Salah satu lawan Timnas Basket Indonesia, Australia, adalah juara edisi terakhir yang digelar pada 2017. Saat itu Australia menang atas Iran di partai final dalam turnamen yang digelar di Lebanon.

FIBA Asia Cup akan digelar pada 12-24 Juli. Istora Senayan di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta akan digunakan sebagai lokasi venue.

Ini akan menjadi kiprah pertama Timnas Basket Indonesia setelah absen selama 11 tahun. Kiprah terakhir terjadi pada edisi 2011 di China dan Timnas Basket Indonesia menempati peringkat ke-11.

Prestasi terbaik Timnas Indonesia adalah menjadi tim peringkat keempat. Hal itu terjadi pada edisi 1967 yang digelar di Korea.

Hasil drawing FIBA Asia Cup 2022

Grup A
1. Arab Saudi
2. Yordania
3. Australia
4. Indonesia


Grup B
1. Taiwan
2. China
3. Korea
4. Bahrain

Grup C
1. Iran
2. Jepang
3. Kazakhstan
4. Suriah

Grup D
1. India
2. Lebanon
3. Filipina
4. Selandia Baru

(cas/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT