Hasil Tes Swab PCR Timnas Basket Negatif, Siap Main di Arab Saudi

Mercy Raya - Sport
Selasa, 22 Feb 2022 18:22 WIB
Timnas Basket
Timnas Basket Indonesia sudah siap bermain di Arab Saudi, hasil swab PCR para pemain negatif. (Foto: dok.Perbasi)
Jakarta -

Timnas basket Indonesia siap berlaga di windows II Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Hasil tes usap PCR mereka di Arab Saudi dinyatakan negatif.

Kepastian itu diungkapkan penasihat tim Andi Poedjakesuma, yang menyebut para pemain dinyatakan negatif saat tes usap PCR setibanya di Jeddah, Arab Saudi. Dengan hasil ini, Indonesia akan tampil full team saat menantang tuan rumah Arab Saudi di King Abdullah Sport City, Jeddah.

"Hasil PCR semua pemain dan official alhamdulillah negatif," kata Andi dalam rilisnya Selasa (22/2/2022).

PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional mengirimkan 14 pemain basket terbaiknya. Mereka adalah Abraham Grahita, Agassi Goantara, Aldy Izzatur, Ali Bagir, Andakara Prastawa, Brandon Jawato, Juan Laurent Kokodiputra, Kaleb Ramot Gemilang, Kevin Yonas Sitorus. Kemudian ada Lester Prosper, Muhamad Arighi, Vincent Kosasih, Widyanta Putra Teja, dan Yudha Saputera.

Menurut Batam, panggilan karib Andi Poedjakesuma, kondisi para pemain Timnas Basket saat ini juga sehat. Mereka juga tidak terganggu dengan cuaca sekalipun suhu di Arab sekitar 18 derajat celcius.

"Cuaca tidak terlalu berpengaruh pada tim. Kami langsung latihan begitu hasil tes negatif semua. Kami juga sedang bubble jadi ya latihan di lapangan hotel saja," ujarnya.

Timnas Bolabasket Indonesia seperti diketahui akan menghadapi tuan rumah Arab Saudi sebagai lanjutan window II Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C Zona Asia. Pertandingan akan berlangsung di King Abdullah Sport City, Jeddah, pada 24 Februari ini. Kemudian mereka akan menantang Yordania di Prince Hamza, Amman, pada tiga hari berikutnya.

Di dua laga itu, Timnas basket Indonesia dituntut tampil lebih baik. Sebab pada window pertama lalu, Andakara Prastawa dkk menelan dua kali kekalahan. Keduanya diterima dari Lebanon pada November tahun lalu. Dua pertandingan yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Nouhad Nawfal, Zouk Mikael, itu berakhir 38-96 dan 64-110.

Adapun dua kekalahan itu juga ditenggarai dua pilar Timnas Indonesia, yaitu Lester Prosper dan Arki Dikania Wisnu, yang batal tampil lantaran dinyatakan positif COVID-19 jelang bertanding.

(mcy/cas)