IBL: Kemenangan Penting Hangtuah Atas Bali United

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 18 Mar 2022 20:30 WIB
Amartha Hangtuah
Amartha Hangtuah tuntaskan puasa kemenangan di IBL 2022 (dok.Amartha Hangtuah)
Jakarta -

Amartha Hangtuah berhasil mengalahkan Bali United. Hasil ini bak oase di tengah performa Hangtuah yang lagi menurun.

Dalam lanjutan Indonesia Basketball League (IBL) 2022 di Hall Basket Senayan, Jumat (18/3/2022) pagi WIB, Hangtuah berupaya melanjutkan catatan apiknya saat menghadapi Bali United.

Ini juga jadi kesempatan revans atas kekalahan dari Bali United pada pertemuan musim ini. Tancap gas sedari kuarter pertama dengan 19-15, Hangtuah sukses menuntaskan gim dengan kemenangan 65-57.

Pada kuarter ketiga, Hangtuah berhasil bangkit setelah tertinggal 30-34 di paruh pertama laga. Luis Cotton dan Antony Walters Sr jadi penampil terbaik dengan 15 poin, disusul Fisyaiful Amir dengan 11 poin.

Kemenangan yang disambut sukacita oleh pelatih Hangtuah AF Rinaldo, yang kebetulan akan merayakan Hari Jadi Pernikahannya dalam waktu dekat.

Rinaldo senang melihat para pemainya mampu bermain sabar dan pantang menyerah, terutama dalam kondisi tertinggal dari Bali United.

Amartha HangtuahPelatih Amartha Hangtuah AF Rinaldo Foto: dok.Amartha Hangtuah

"Kemenangan versus Bali United modal bagi kami untuk menaikan mental dalam menghadapi pertandingan selanjutnya. Alhamdulillah berdekatan dengan ulang tahun pernikahan saya," ujar Coach Inal, sapaan Rinaldo, dalam rilis kepada detikSport.

"Sebelum pertandingan lawan Bali United saya sampaikan kepada pemain untuk tetap percaya kepada kemampuan diri sendiri dari setiap pemain dan bermainlah dengan semangat pantang menyerah, lalu disiplin dalam menjalankan pertahanan dan sabar dalam menyerang, cari peluang terbaik untuk mencetak angka," sambungnya.

Kemenangan ini jadi pelipur lara juga untuk Hangtuah setelah empat kekalahan beruntun dari NSH Gold Mountain, Prawira Bandung, Evos Thunder Bogor, RANS PIK Basketball, dan Pelita Jaya Bakrie.

Permainan Hangtuah menurun disebut karena kurangnya konsentrasi para pemain. Oleh karenanya, Rinaldo meminta Gunawan dkk untuk fokus lagi demi mengejar misi lolos ke babak playoff.

"Kami sering melakukan kesalahan yang bisa dikonversi menjadi poin bagi lawan pada saat krusial, padahal momentum sedang ada pada kami," tuturnya.

"Yang masih harus diperbaiki adalah mental eksekusi, lalu bermain lebih tenang pada saat krusial dan menekan angka turnover dan disiplin untuk bertahan baik secara tim maupun perorangan, juga rebound."

Senada dengan sang pelatih, kapten Amartha Hangtuah, Gunawan, juga menjadikan beberapa pertandingan terakhir sebagai cambuk untuk mengevaluasi diri dan tim.

"Kami belajar dengan kekalahan beruntun kemarin, kita mulai naik lagi pas dua game terakhir ini. Jadi semuanya lebih tenang, tau tugas masing-masing, enggak terlalu maksa di akhir kuarter," ucap Gunawan.

Amartha Hangtuah, yang kini berada di posisi kelima klasemen Putih IBL 2022 dengan 24 poin, akan menghadapi EVOS Bogor 21 Maret.

(mrp/aff)