ADVERTISEMENT

LIVE: Saksikan livestream MotoGP sekarang. Nonton Sekarang

Timnas Putra Juara di ABL 3x3 Modal Bagus di SEA Games Vietnam

Mercy Raya - Sport
Senin, 18 Apr 2022 15:25 WIB
Timnas Basket juara di ABL 3x3 International Champions Cup 2022.
Timnas Basket juara di ABL 3x3 International Championship 2022. (Foto: dok.Perbasi)
Jakarta -

Timnas Indonesia meraih hasil positif di ABL 3x3 International Champions Cup 2022. Mereka merebut gelar juara untuk kategori putra.

Kepastian itu diperoleh usai tim yang tampil dengan nama Timnas A sukses mengatasi perlawanan Harimau Malaya dengan skor 21-15 di babak final. Sementara peringkat ketiga diraih Platinun Karaoke usai kalahkan VN Red & Gold 15-8.

Keberhasilan mereka menjadi juara tentu menjadi modal berharga menatap SEA Games di Vietnam yang dijadwalkan bergulir 12-23 Mei mendatang.

Terlebih, skuad Timnas A nyaris 90 persennya diisi oleh pemain-pemain yang kemarin tampil di SEA Games Manila tiga tahun lalu. Saat itu, mereka merebut medali perak. Selain Surliyadin, ada Sandy Ibrahim dan Oki Wira. Kekuatan mereka dilengkapi dengan pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson.

Manajer Timnas 3x3 Putra Ferri Jufry bersyukur dengan torehan apik yang dicatatkan timnya. "Alhamdullilah bulan suci Ramadan membawa berkah bagi Timnas 3x3. Semoga semua bisa lancar dan mendapatkan hasil maksimal di SEA Games 2022 Vietnam," kata Ferri dalam rilis Perbasi.

Hasil maksimal tim putra tak mampu diikuti tim putri. Timnas yang turun dengan nama Elite ini harus puas menempati peringkat ketiga.

Posisi itu didapat setelah mereka menaklukkan wakil India, bernama Delhi 3BL dengan skor 17-6. Sebelumnya, Timnas 3x3 Putri lebih dulu kalah tipis dari Louvre Indonesia 15-19.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi turut mengapresiasi pencapaian tim Indonesia di ABL 3x3 International Championship Cup 2022. Terlebih tim yang turun di turnamen ini bukan tim sembarangan dan membuat persaingan juga menjadi ketat.

"Bangga dengan hasil perjuangan patriots putra dan putri di kompetisi ABL 3x3 di Bali. Namun, jangan mudah puas karena perjuangan sesungguhnya ada di SEA Games," kata Nirmala.

"Tingkatkan terus kemampuan untuk target medali di SEA Games mendatang. Kalian membanggakan," ucapnya.

Sebagai catatan, timnas putra di SEA Games dipatok meraih medali emas. Ini sekaligus memperbaiki catatan sebelumnya di Manila yang harus puas meraih perak. Sedangkan tim putra diharapkan bisa lolos final.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT