ADVERTISEMENT

FIBA Asia Cup 2022: Australia Juara Usai Kalahkan Lebanon di Final

Adhi Prasetya - Sport
Minggu, 24 Jul 2022 22:05 WIB
Pebasket Australia Thon Maker (kedua kanan) melakukan slam dunk ke keranjang Tim Nasional Lebanon dalam babak final FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (24/7/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Thon Maker (hijau) melakukan dunk ke jaring Lebanon. Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Jakarta -

Australia berhasil menjuarai FIBA Asia Cup 2022. The Boomers mampu mempertahankan trofi usai mengalahkan Lebanon 75-73 dalam laga yang penuh drama di kuarter akhir.

Bermain di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (24/7/2022) malam WIB, Australia tampil tangguh sejak awal, dan menutup kuarter pertama dengan 22-10. Pada kuarter kedua, Thon Maker dkk melanjutkan dominasi dengan mencetak 16 poin.

Meski begitu, Lebanon mulai menunjukkan sinyal bangkit. Ali Haidar dkk mencetak 18 poin, sehingga menipiskan jarak menjadi 28-38 saat paruh pertama laga berakhir.

Memasuki kuarter ketiga, Australia menambah lima angka lewat tripoin Mitchell McCarron dan tambahan dua poin dari William McDowell-White, mengubah skor menjadi 43-28. Haidar dan Wael Arakji masing-masih menyumbang dua poin untuk mengubah skor menjadi 32-43.

Arakji sempat memperoleh dua lemparan bebas, namun semuanya gagal menambah angka. Haidar kemudian berhasil menambah dua poin menjadi 34-43 saat laga tersisa kurang dari tujuh menit.

Meski begitu, Australia tak tertekan dan berhasil menjaga keunggulan hingga 50-36. Kuarter ketiga akhirnya ditutup Australia dengan keunggulan 57-43.

Pada kuarter terakhir, Lebaonon mencoba mengejar selisih poin dari Australia. Namun pertahanan rapat dari Boomers begitu susah ditembus.

Skema tembakan tiga angka tampak menjadi solusi terbaik untuk Lebanon. Arakji dua kali berhasil melakukannya, tetapi Tyrese Proctor juga menyumbang tripoin, sehingga membuat Australia unggul 67-55.

Elie Chamoun dan Sergio El Darwich juga menyumbang tripoin, namun Australia juga melakukannya lewat Wani Swaka Lo Buluk. Skor 71-61 masih menjadi milik skuad Boomer di sisa waktu kurang dari tiga menit.

Lebanon mengejar skor hingga 66-72 di sisa waktu 50,9 detik. Arakji kemudian berhasil menambah dua poin dari lemparan bebas mengubah skor menjadi 68-72. Arakji kemudian mencetak tambahan dua poin di sisa waktu kurang dari 20 detik.

Laga semakin memanas di sisa waktu kurang dari 10 detik. Dua lemparan bebas Proctor menambah keunggulan Australia menjadi 74-70 di sisa waktu 8,7 detik. Namun tembakan tripoin Arakji mengubah skor menjadi 73-74 saat laga tersisa 5,3 detik.

Rhys Anthony Vague menambah satu poin lewat lemparan bebas, membuat Australia unggul menjadi 75-73. Haidar mencoba tripoin di sisa waktu, namun gagal. Australia menutup laga dengan kemenangan 75-73 dan menjadi juara FIBA Asia Cup 2022.

Maker jadi penyumbang angka terbanyak Australia di laga ini dengan 14 poin, disusul dengan McCarron dengan 12 poin dan Proctor dengan 10 poin. Wani Swaka Lo Buluk dan McDowell-White masing-masing mengemas 8 poin.

Sementara di kubu Bahrain, Arakji menyumbang 28 poin, disusul Haidar dengan 23 poon. Gelar ini menjadi yang kedua secara beruntun bagi Australia, setelah memenangi FIBA Asia Cup 2017.

(adp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT