detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 28 Mar 2019 05:46 WIB

Tak Perlu Diberi Tahu, Marquez Selalu Paham Sendiri Area yang Perlu Diperbaiki

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Marc Marquez finis kedua di MotoGP Qatar musim ini. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Santi Hernandez sudah menjadi mekanik Marc Marquez sejak di Moto2. Dialah orang pertama yang diajak bicara Marquez di garasi lintasan.

Hernandez membantu Marquez memenangi enam gelar juara dunia sejak di Moto2. Dia adalah teknisi lintasan Marquez, yang sudah berpengalaman mengantar pebalap jadi juara dunia di 1999.




Ya, sebelum Hernandez membantu Marquez jadi juara dunia, dia sudah lebih dulu mengantarkan Alex Criville memenangi kelas primer pada 1999.

Bersama Marquez sejak 2011, Hernandez mengaku selalu terkejut dengan daya saing sang rider. Salah satu kunci konsistensi sang pebalap adalah bagaimana ia tak pernah puas, selalu belajar dari kesalahan.

Hal itu turut menginspirasi sikap serupa dari orang-orang di garasi.




"Marc mengejutkan saya sejak hari pertama dipasangkan dengannya, karena komentar yang dibuatnya terkait motor dan bagaimana dia mengungkapkan pandangannya,"

"Saya selalu mengatakan hal yang sama soal dia: Marc mengejutkan saya setiap harinya. Bukan tergantung saya untuk memberi tahu apa dia apa yang perlu diperbaiki."

"Dia itu pebalap yang secara konstan belajar dan mampu memetik pelajaran dari kesalahan-kesalahannya. Terkadang saya malah belajar lebih banyak darinya dibandingkan yang dia pelajari dari saya, dan itu menyenangkan juga," kata Hernandez dilansir GPOne.


(raw/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com