detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 15 Jul 2020 19:10 WIB

Jelang MotoGP 2020

Valentino Rossi Buru Perpisahan Manis dengan Yamaha

Lucas Aditya - detikSport
DOHA, QATAR - FEBRUARY 24:  Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team
 heads down a straight  during the MotoGP Tests at Losail Circuit on February 24, 2020 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Bisa memberi perpisahan yang manis untuk Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi? (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Monster Energy Yamaha dan Valentino Rossi akan pisah jalan di akhir musim MotoGP 2020. Bisa memberi perpisahan yang manis, The Doctor?

Tim pabrikan Yamaha sudah menentukan line up untuk MotoGP 2021. Ada perubahan satu pebalap, Rossi ditendang, digantikan oleh Fabio Quartararo. Maverick Vinales dipertahankan oleh tim Garpu Tala.

Penampilan Rossi bersama Yamaha memang sedang menurun dalam tiga musim terakhir. Rider 41 tahun itu cuma menang di satu seri.

Kemenangan itu didapat Rossi di MotoGP Belanda 2017. Setelah itu, Rossi kesulitan bersaing dengan pebalap-pebalap papan atas. Rossi sudah puasa kemenangan dalam 46 balapan.

Rossi meraih sebanyak sembilan podium dalam laju kurang sip itu. Sebanyak empat podium didapat finis kedua, sementara lima podium lain diraih saat menyudahi balapan di peringkat ketiga.

Di tahun 2020, sudah ada dua tes MotoGP yang digelar. Di Sepang, Malaysia, Rossi ada di posisi kelima dengan catatan waktu satu menit 58,541 detik. Torehan waktu itu berjarak 0,192 detik lebih lambat dari Quartararo yang mencatatkan torehan waktu terbaik.

Sementara pada tes di Losail, Qatar, yang berakhir pada 24 Februari, Rossi ada di posisi ke-12. Dia mencatatkan waktu satu menit 54,332 detik, lebih lambat 0,474 detik dari Vinales yang mencatatkan waktu tercepat. Catatan-catatan itu menjadi modal Rossi menatap MotoGP Spanyol di sirkuit Jerez di akhir pekan ini.

"Akhirnya, kita bisa menikmati MotoGP lagi. Sungguh, ini sangat melegakan untuk saya, karena saya sangat merindukan M1 dan saya pikir para fan juga akan sangat senang," kata Rossi di Crash.

"Besok, kami akan mulai sesi tes pertama di Jerez. Langkah yang kami buat di Sepang dan Losail selama pramusim sungguh positif. Tapi, itu sudah cukup lama."

"Kami masih harus mengorganisir dan bekerja keras besok untuk memulai GP Spanyol dengan pemahaman yang bagus dan perasaan yang bagus. Lagipula, kami siap untuk memulai musim baru bersama tim saya. Kami akan berusaha sebaik mungkin," rider yang juga pernah memperkuat Honda dan Ducati itu menambahkan.

Masa depan Rossi di MotoGP untuk musim 2021 masih belum jelas. Rider Italia itu dikabarkan akan berlabuh ke tim satelit Yamaha, Petronas Yamaha SRT.



Simak Video "MotoGP Batalkan 3 Seri Balapan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com