detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 08 Agu 2020 11:49 WIB

Quartararo dan Rossi Beda Dua Dekade, Kompak Kejar Rekor di Brno

Kris Fathoni W - detikSport
Fabio Quartararo of France, left and Valentino Rossi of Italy touch fists after Quartararo won the race with Rossi finishing 3rd during the MotoGP race during the Andalucia Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday July 26, 2020. (AP Photo/David Clares) Quartararo dan Rossi Beda Dua Dekade, Kompak Kejar Rekor di Brno. (Foto: AP/David Clares)
Jakarta -

Fabio Quartararo dan Valentino Rossi kompak naik podium di Jerez lalu. Kini rider yang berbeda usia dua dekade itu kompak pula mengejar rekor di MotoGP Ceko 2020, Brno.

Dalam race MotoGP Andalusia, Fabio Quartararo meraih kemenangan keduanya musim ini. Di atas podium sirkuit Jerez pada saat itu rider Prancis tersebut ditemani oleh Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

MotoGP.com mencatat, Fabio Quartararo berusia 1 tahun dan 10 hari ketika Valentino Rossi berdiri di atas podium perdananya pada kelas primer balap motor grand prix di Jerez pada tahun 2000.

Ya, usia kedua rider tersebut memang terpaut tepat 20 tahun alias dua dekade. Fabio Quartararo lahir 21 tahun lalu di tanggal 20 April sedangkan Rossi, yang lahir 16 Februari, kini sudah berumur 41 tahun. Tak ayal ada yang menilai momen keduanya naik podium di Jerez adalah adegan serah-terima tongkat estafet dari seorang rider kawakan buat calon bintang masa depan.

Di Brno dalam balapan MotoGP Ceko 2020 pada akhir pekan, keduanya juga kompak mengejar potensi rekor. Berikut catatannya dari MotoGP.com:

- Di Brno, Valentino Rossi membidik naik podium untuk kali kedua beruntun dan menjadi rider tertua yang melakukannya di kelas primer semenjak Jack Ahearn di grand prix Belgia dan grand prix Jerman Timur tahun 1966 (41 tahun dan 282 hari).

- Di Brno, dalam usia 21 tahun dan 111 hari, Quartararo membidik jadi rider termuda kedua yang menang tiga balapan beruntun kelas primer setelah Marc Marquez (20 tahun dan 182 hari, Jerman/AS/Indianapolis/2013).

- Quartararo juga membidik pencapaian lain. Sejak Kenny Roberts tahun 1980, belum pernah ada lagi rider Yamaha yang mampu meraih kemenangan beruntun di tiga balapan awal musim di kelas primer.

Menilik hasil latihan MotoGP Ceko 2020 di Brno sejauh ini, Fabio Quartararo sukses mencatat waktu tercepat di sesi kedua setelah menuntaskan latihan pertama di luar 10 besar. Sedangkan Valentino Rossi sempat berada di posisi kedelapan pada latihan pertama tapi menempati posisi ke-12 di sesi kedua.



Simak Video "Quartararo Tercepat di Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com