'Hantu Keraguan' Paksa Valentino Rossi Pensiun Musim Ini?

Kris Fathoni W - Sport
Kamis, 06 Mei 2021 20:25 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 25: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT looks on during the press conference pre-event during the MotoGP of Qatar - Previews at Losail Circuit on March 25, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
'Hantu Keraguan' Paksa Valentino Rossi Pensiun Musim Ini? (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Satu lagi pembahasan mengenai Valentino Rossi dan spekulasi masa depannya di MotoGP. Kali ini ada opini dari Sito Pons, mantan rider grand prix asal Spanyol.

Pons, yang pernah juara 250cc dua musim beruntun pada 1988 dan 1989, memberikan pendapat tersebut dalam ulasannya kepada media Italia Motoit selepas gelaran MotoGP Spanyol 2021 di Jerez pada akhir pekan lalu.

Dalam race tersebut, Valentino Rossi masih belum bisa tampil untuk meraih hasil memuaskan. The Doctor harus puas finis di posisi ke-17, menjadikan itu sebagai race ketiga beruntun ia hampa angka.

Dari empat seri balapan di MotoGP 2021, Valentino Rossi baru bisa meraih 4 poin hasil dari finis ke-12 yang ia tempati pada seri pembuka di MotoGP Qatar 2021.

Sejak debut di balap motor grand prix pada 1996, baru kali ini Valentino Rossi melewati empat seri balapan tanpa naik podium. Padahal ia cuma butuh satu podium lagi untuk mencatatkan yang ke-200 di kelas utama.

Musim lalu, Valentino Rossi berhasil satu kali naik podium yakni di seri kedua pada MotoGP Andalusia, yang dilangsungkan di sirkuit Jerez seperti pada akhir pekan lalu.

Situasi ini, menurut Sito Pons, akan bikin Valentino Rossi segera memutuskan pensiun. Spekulasi mengenai masa depan itu pun ia yakini sudah terus-terusan mengusik Rossi. Saat itulah benaknya digerayangi 'hantu keraguan'.

"Saya suka Valentino. (tapi) sangat sulit buat seorang rider ketika berada di posisinya saat ini. Ketika membalap, Anda tak boleh punya keraguan. Ada hal yang mengusik konsentrasi dan targetnya," ujar Pons seperti dilansir Motosan.

"Ada banyak spekulasi mengenai masa depannya, tentang kemampuannya. Dan ini, perlahan-lahan, menyelinap ke dalam benaknya. Ia tak tahu kapan bisa tampil lebih baik dan keraguan mulai menghantui pikiran. Itu pun dulu pernah terjadi kepada saya."

"Ketika di benak Anda mulai menyelinap keraguan bakal lanjut balapan atau tidak, saat itu juga Anda sudah tak lagi terlibat dalam kejuaraan. Saya pikir Rossi takkan lanjut lagi setelah musim ini," tuturnya.

Simak juga Video: Duo Muridnya di Podium, Rossi di Mana?

[Gambas:Video 20detik]



(krs/nds)