detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 14 Des 2018 23:14 WIB

Tak ada Wakil Indonesia di Semifinal BWF World Tour Finals

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Hafiz/Gloria kalah, Indonesia tanpa wakil di semifinal BWF World Tour Finals 2018 (dok.PB PBSI) Hafiz/Gloria kalah, Indonesia tanpa wakil di semifinal BWF World Tour Finals 2018 (dok.PB PBSI)
Guangzhou - Indonesia menorehkan catatan buruk di BWF World Tour Finals tahun ini. Sebab tak ada satupun wakil Merah Putih yang lolos dari fase grup.

Dari enam wakil yang diturunkan oleh PB PBSI, semuanya gagal melaju ke semifinal. Wakil terakhir yang tersisih adalah ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang menyerah dari pasangan China Wang Yilyu/Huang Dongping, Jumat (14/12/2018) malam WIB.

Pada laga terakhir grup yang dihelat di Tianhe Gymnasium, Hafiz/Gloria menyerah dua gim langsung dengan skor 16-21 dan 13-21 dari Wang/Huang.




Pada gim pertama, Hafiz/Gloria mampu mengimbangi Wang/Huang dan sempat memimpin 8-5 sebelum tertinggal 10-11 di interval. Gim sempat imbang di angka 15-15 sebelum Hafiz/Gloria menyerah 16-21.

Masuk di gim kedua, Hafiz/Gloria tak lagi bisa melawan Wang/Huang yang dengan mudah mengumpulkan angka demi angka untuk unggul 20-10. Sempat ditahan tiga angka, Wang/Huang akhirnya menang 21-13.

Kekalahan ini menggagalkan peluang Hafiz/Gloria ke semifinal karena mereka kalah jumlah gim dari pasangan Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino.




Kegagalan juga didapat tunggal putra Tommy Sugiarto yang kalah 14-21 dan 18-21 dari jagoan Jepang, Kento Momota. Tommy jadi juru kunci karena gagal bersaing dengan Momota dan Sameer Verma.

Alhasil tak ada satupun wakil Indonesia di semifinal BWF World Tour Finals tahun ini dan merupakan penurunan prestasi mengingat tahun lalu berhasil berjaya di nomor ganda putra saat Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon mengalahkan Liu Cheng/Zhang Nan.

Tahun ini Kevin/Marcus diganggu cedera pada laga terakhir sehingga mundur. Sebelumnya Indonesia juga gagal meloloskan Anthony Ginting, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.


(mrp/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed