detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 06 Nov 2020 11:35 WIB

Jatuh Bangun Kepengurusan Wiranto Pimpin PBSI Selama Empat Tahun

Mercy Raya - detikSport
Kepengurusan Wiranto di PBSI selesai hari ini, ini pasang surutnya. (Foto: detikcom/Rengga Sancaya) Kepengurusan Wiranto di PBSI selesai hari ini, ini pasang surutnya. (Foto: detikcom/Rengga Sancaya)
Jakarta -

Kepengurusan PP PBSI yang diketuai Wiranto purna tugas hari ini, Jumat (6/11/2020). Berikut pasang surut induk organisasi tepok bulu di rentang 2016-2020.

Induk olahraga bulutangkis tertinggi di Tanah Air itu akan berganti nahkoda menyusul pemilihan ketua umum PP PBSI yang baru.

Wiranto sendiri menyatakan tak lagi maju dalam bursa pemilihan ketua umum lantaran kesibukannya sebagai Dewan Pertimbangan Presiden. Ia ingin lebih fokus.

"Secara tulus saya mengatakan bangga dan terhormat bisa memimpin bulutangkis, karena olahraga ini bisa mengibarkan Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya di event-event internasional. Ini tidak mudah tapi kita bisa melakukannya," kata Wiranto dalam keterangan resminya.

Bukan tanpa alasan Wiranto mengatakan demikian. Pria berusia 74 tahun itu mengemukakan capaian yang telah diraih PBSI saat kepengurusannya dalam empat tahun terakhir.

Dalam masa kepemimpinan Wiranto, PBSI telah meraih 161 gelar juara internasional sepanjang 2017-2020. Sebuah prestasi yang tentunya berhasil diwujudkan dengan kerja keras dan kerjasama yang baik antar pengurus, pelatih dan pemain.

Gelar-gelar bergengsi yang diraih diantaranya adalah gelar Juara Dunia 2017 dari Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir serta tahun 2019 dari Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Dari panggung All England, Indonesia tercatat tak pernah absen memetik gelar di masa kepemimpinan Wiranto di PBSI. Pada tahun 2017 dan 2018, gelar All England datang dari Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Pada tahun 2019, sektor ganda putra masih menyumbang gelar lewat pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Sedangkan tahun ini, gelar juara datang dari ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com