Imbas Pandemi Corona, PBSI Pangkas Atlet Proyeksi All England 2021

Mercy Raya - Sport
Selasa, 23 Feb 2021 21:50 WIB
Pelatih Putri Bulutangkis Indonesia Rionny Maniaky
PBSI diungkap Rionny Mainaky merevisi jumlah pebulutangkis yang dikirim ke All England 2021. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Rencana PP PBSI untuk mengirimkan 17 wakilnya ke All England 2021 pupus. Mereka memangkas skuad menjadi sembilan wakil sehubungan dengan pandemi COVID-19.

Dijelaskan Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, kondisi pandemi COVID-19 membuat seluruh pemain yang tampil di Yonex Swiss Terbuka tidak bisa mengikuti turnamen All England pada 17-21 maret mendatang.

Pasalnya, sepulang dari Swiss, para atlet diharuskan mengikuti karantina di Jakarta dulu selama sepekan, sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk mengejar keberangkatan ke Birmingham, Inggris.

Selain itu, selama menjalani karantina, para pemain juga tidak dapat berlatih. Padahal turnamen All England 2021 merupakan kejuaraan tertua di dunia sekaligus dengan tingkat persaingan yang lebih ketat.

"Iya jadi untuk pemain-pemain Swiss itu tidak mungkin untuk lanjut tampil di All England. Karena secara persiapan tidak memungkinkan mereka bisa bermain maksimal," kata Rionny dalam rilis PBSI.

"Ketika mereka pulang dari Swiss kan perlu karantina dulu di Jakarta, jadi waktunya tidak cukup untuk mengejar ke Birmingham. Kalau mereka langsung lanjut ke Birmingham pun risikonya terlalu besar, karena di sana penyebaran COVID-nya masih tinggi," jelas Rionny.

Tak hanya memangkas skuad, Riony juga harus mengubah rencana pengiriman kepada sejumlah atlet. Salah satunya Gregoria Mariska Tunjung yang semula akan dikirim ke Swiss, dibatalkan pengirimannya demi fokus ke All England.

Berikut nama-nama wakil Indonesia yang tampil di All England 2021:

Tunggal putra
Anthony Ginting (4)
Jonatan Christie (5)
Tommy Sugiarto

Tunggal putri
Gregoria Mariska Tunjung

Ganda putra
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (1)
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (5)

Ganda putri
Greysia Polii/Apriyani Rahayu (3)

Ganda campuran
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (1)



Simak Video "Sosok Verawaty Fajrin di Mata Teman Seperjuangan"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)