Indonesia Tanpa Wakil Tunggal Putri di All England 2021

Mercy Raya - Sport
Kamis, 11 Mar 2021 12:45 WIB
Tunggal putri Indonesia, Gregorius Mariska Tunjung, harus gugur di babak pertama Indonesia Masters 2020. Ia takluk dari wakil Jepang, Akane Yamaguchi.
Gregoria Mariska bakal berangkat, tunggal putri Indonesia tanpa wakil di All England 2021. (Foto: detikcom/Agung Pambudhy)
Jakarta -

PP PBSI memutuskan tidak mengirimkan tunggal putri di All England 2021. Gregoria Mariska Tunjung yang menjadi satu-satunya wakil kondisinya dinilai belum siap.

Sedianya, Indonesia akan mengirimkan sembilan wakil di Birmingham, yang dimulai 17-21 Maret mendatang. Namun menjelang keberangkatan pada Jumat (12/3/2021), PBSI kembali merombak susunan pemainnya.

PBSI memutuskan untuk membatalkan pengiriman Gregoria setelah mengevaluasi kondisi dan latihan si atlet.

"Gregoria mundur karena belum siap kondisinya. Ada masalah pada bagian paha kanannya yang tidak dalam kondisi baik. Makanya kami tarik keikutsertaannya," kata Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, dalam bincang-bincang dengan pewarta, Kamis (11/3/2021) melalui Zoom.

Selain itu, Rionny juga menilai bahwa All England 2021 merupakan salah satu turnamen penting sehingga harapannya setiap wakil yang dikirim bisa memberikan prestasi terbaiknya.

"Yang kami kirim ke All England ialah pemain yang kami target juara. Sebenarnya Gregoria kalau melihat dari turnamen sebelumnya ia cukup bersaing dengan pemain top level. Tapi kondisi dia kurang siap. Jadi disayangkan mundur saja," dia menjelaskan.

Dengan dibatalkan pengiriman Gregoria, maka Indonesia hanya mementaskan delapan wakilnya. Sebelum menarik Gregoria, PBSI juga telah memangkas skuadnya dari semula akan mengirim 17 wakil menjadi sembilan wakil.

Kondisi pandemi COVID-19 membuat Indonesia tak bisa mengirim full team. Atlet-atlet yang sebelumnya tampil di Swiss open 2021 tak bisa tampil di All England karena bentrok dengan jadwal karantina.

Berikut daftar wakil Indonesia di All England 2021:

Tunggal Putra

Anthony Sinisuka Ginting
Jonatan Christie
Tommy Sugiarto

Ganda Putra

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Ganda putri
Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Ganda campuran
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti



Simak Video "Tim RI Didepak dari All England, Ricky Subagja: Kans Juara Indonesia Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)