Thomas Cup 2022: Ahsan/Kevin Kalah, Indonesia Vs Korsel 0-2

Afif Farhan - Sport
Rabu, 11 Mei 2022 16:34 WIB
Kevin Sanjaya Sukamuljo tampil berbeda dengan mengenakan headband saat tampil di BWF World Tour Finals 2021. Sekadar buat gaya atau ada alasan lainnya?
Foto: Dok. Humas PBSI
Jakarta -

Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae main di laga kedua Indonesia vs Korsel Thomas Cup 2022. Ahsan/Kevin kalah via rubber game.

Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5). Sebelumnya dalam duel terakhir grup Thomas Cup 2022 ini antara Indonesia vs Korea Selatan, Anthony Ginting kalah dari Heo Kwang-hee.

Gim pertama jadi milik Kang/Seo dengan 21-18. Gim kedua jadi milik Ahsan/Kevin 21-13 dan gim ketiga milik Kang/Seo 21-12.

Gim pertama, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae tampil galak di awal sedangkan Ahsan/Kevin seperti telat panas. Skor 6-0 sudah diraupnya. Mohamad Ahsan baru sumbang poin pertama setelah Seo gagal mengembalikan pukulan smash.

Kang/Seo ambil kendali. Mereka memimpin 10-3 setelah memanfaatkan Ahsan yang gagal menjaga wilayah di sebelah kanan. Interval pertama, dimenangi pasangan Korsel dengan skor 11-5 setelah Kevin servis fault.

Selepas interval, Ahsan/Kevin coba mengejar. Tapi dua kesalahan Kevin di garis depan kala bola kena netnya sendiri membuat Kang/Seo menjauh 13-8.

Empat poin diraup Ahsan/Kevin berturut-turut, skor menipis 12-13. Lalu imbang 13-13 setelah Seo buru-buru melakukan smash yang berujung out.

Ahsan/Kevin akhirnya berbalik unggul 14-13 lewat aksi Kevin di pinggir lapangan tidak terbendung oleh Kang.

Permainan cepat bikin Kang/Seo kembali unggul dengan selisih tiga poin, 17-14 setelah rally panjang. Kevin coba menyerang cepat tapi Kang bertahan baik, pasangan Korsel masih memimpin 18-16.

Game point buat Kang/Seo setelah pukulan Kevin nyangkut di net, 20-17. Kemudian mereka menang 21-18 kala pukulan Mohammad Ahsan gantian mentok di net sendiri.

Di gim kedua, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya coba lebih sabar. Dua poin langsung diraup dan unggul 2-0.

Ahsan/Kevin jaga jarak. Mereka menjaga keunggulan 5-2 setelah Kang gagal mengembalikan bola. Kang/Seo tak ragu lakukan challenge di awal sudah dua kali dan dua-duanya sukses. Mereka mengejar 5-6.

Kombinasi pukulan Ahsan/Kevin berujung manis ketika Kang gagal kembalikan bola. 9-5 Pasangan Indonesia menjauh. Interval kedua milik Ahsan/Kevin via pukulan Ahsan yang masuk menempatkan bola tepat di antara Kang dan Seo, 11-6.

Ahsan/Kevin bermain baik dan melambatkan tempo. Hasilnya mereka unggul 14-8 saat Kang kurang cermat melihat jatuhnya bola yang masuk ke lapangannya sendiri.

Kang/Seo mendekat. Kang yang memaksa Ahsan/Kevin mengangkat bola, akhirnya disikat oleh Seo dan memperkecil jarak 10-14.

Ahsan/Kevin tancap gas, tapi Kang/Seo terus menekan. Kevin memperlebar jarak 18-12 setelah sambarannya di dekat net masuk.

Game point buat Ahsan/Kevin, lewat pukulan Kevin yang mengecoh Kang/Seo dan menempatkan bola ke ruang kosong 20-13. Kevin lagi-lagi lakukan aksinya, dengan pukulan menyilang dan masuk sempurna 21-13. Lanjut rubber game!

Gim ketiga dimulai, skor langsung ketat di awal. Mohammad Ahsan bertahan baik dan Kevin Sanjaya cemerlang di garis depan bikin mereka unggul 4-2.

Ahsa/Kevin tampak meladeni permainan cepat Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae. Akan tetapi, konsistensi, Ahsan/Kevin masih lebih baik.

Kembali, Kevin dapatkan momentum kali ini di garis depan untuk memperlebar jarak 6-3. Pasangan Korea sempat raup dua poin beruntun, tapi dihentikan oleh Ahsan dengan dropshot yang tidak bisa dikembalikan, 7-5.

Kang bermain baik di garis depan, membuat skor sama 8-8. Selanjutnya, Seo sumbang angka dengan jump smash yang gagal dikembalikan Kevin dan berbalik unggul 9-8.

Interval ketiga dimiliki pasangan Korsel setelah Kang dengan cepat mengembalikan bola, 11-8. Mereka sepertinya kembali temukan kembali ritmenya.

Ahsan/Kevin memperkecil ketertinggalan jadi 10-13. Ahsan dan Kevin tampil lebih sabar.

Kang/Seo kembali menjauh lagi, 17-11. Pukulan cepat dan kombinasi Kang dan Seo sulit terbendung.

19-12, Ahsan gagal membendung pukulan Seo. Match point 20-12 setelah Ahsan lagi-lagi lakukan kesalahan. Lalu giliran Kevin, pukulannya kena net sendiri dan Kang/Seo menang 21-12.

(aff/krs)