Anthony Ginting Kalah Lagi, Masih Terkendala Angin di Thomas Cup 2022

Mercy Raya - Sport
Rabu, 11 Mei 2022 17:15 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengusap wajahnya saat melawan pebulu tangkis tunggal putra Korea Selatan Heo Kwanghee dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas Uber 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022). Anthony Sinisuka Ginting kalah dengan skor 6-21, 21-15 dan 14-21. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Anthony Ginting mengalami kekalahan ketiga di Thomas Cup 2022. Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Jakarta -

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengalami kekalahan ketiganya di Thomas Cup 2022. Dia mengaku masih terkendala angin walaupun enggan menjadikannya sebagai alasan.

Bertanding di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5/2022), Anthony kembali menjadi andalan Indonesia saat menghadapi Korea Selatan untuk menentukan posisi juara grup. Anthony Ginting, yang main di partai pertama menghadapi Heo Kwang-hee, kalah rubber game dengan skor 16-21, 21-15, 14-21.

Buat Anthony Ginting, ini adalah kekalahan ketiganya di Thomas Cup 2022. Ia juga gagal mengatasi lawan dari Singapura dan Thailand di dua babak penyisihan Grup A sebelumnya.

Anthony Ginting Terkendala Angin

"Puji Tuhan saya bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik dan tanpa cedera. Pertandingan ini demikian ketat dari awal hingga akhir," kata Anthony dalam rilis PBSI.

"Seperti pertandingan yang sudah-sudah, saya masih terkendala angin di sini. Namun, ini bukan jadi alasan kekalahan saya, karena lawan juga mengalami hal yang sama. Cuma posisi menang angin atau kalah angin itu berpengaruh besar terhadap hasil pertandingan," dia menjelaskan mengenai jalannya pertandingan.

"Tadi di gim kedua, saat kalah angin saya malah bisa mengeluarkan stroke seperti yang saya harapkan dan bisa menang."

"Gim ketiga, saat pindah rempat itu, saya tertinggal jauh sekali poinnya hingga 3-11. Untuk bisa mengejar itu sudah sangat sulit. Saya sudah mencoba sekuat tenaga, tetapi lawan memang lebih baik," ujarnya.

Kekalahan Perdana Anthony Ginting atas Heo Kwang-hee

Anthony sendiri sebenarnya tercatat selalu menang atas Heo dalam tiga kali pertemuan mereka di turnamen internasional sebelum ini. Terakhir kali di Thailand Open 2021, ia menang dengan skor 21-15, 11-21, 21-16. Anthony kalah untuk kali pertama dalam pertemuan di Thomas Cup 2022.

"Memang saya memiliki rekor bagus melawan dia sebelumnya, tetapi hasil pertandingan terakhir itu tidak bisa jadi patokan. Karena itu, di pertandingan kali ini, siapa yang lebih siap, lebih pintar, dan lebih tepat dalam menerapkan strategi, yang akan jadi pemenang," kata peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 ini.

"Kecewa dan sedih juga saya tidak berhasil ambil poin. Dari pertandingan awal, saya juga belum berhasil menyumbangkan poin untuk tim. Saya sebenarnya sudah mencoba yang terbaik untuk bisa dapat poin, namun belum berhasil. Belum rejeki saya," lanjutnya.

"Setelah ini saya akan kembali mendukung tim agar teman-teman bisa ambil poin dan memberikan hasil terbaik buat tim," kata Anthony.

(mcy/krs)