ADVERTISEMENT

Atlet Jateng Binaan PB Djarum Dominasi Gelar Juara Piala Presiden 2022

Muhammad Robbani - Sport
Minggu, 07 Agu 2022 18:50 WIB
Jawa Tengah juara umum pada kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022. Sembilan gelar juara diboyong, yang seluruhnya diraih oleh atlet-atlet muda PB Djarum.
Jawa Tengah juara umum kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022. (Foto: dok. PB Djarum)
Jakarta -

Jawa Tengah juara umum pada kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022. Sembilan gelar juara diboyong, yang seluruhnya diraih atlet-atlet muda PB Djarum.

Aroma kemenangan sudah tercium sejak babak semifinal yang didominasi oleh skuad atlet Jawa Tengah dalam event yang digelar di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta. Di fase ini pula, tim kuat seperti Jawa Barat dan Jawa Timur tidak berhasil mengirimkan atletnya.

Selepas laga puncak, tim Jateng memastikan diri sebagai juara umum dengan raihan 9 medali emas, 7 medali perak dan 12 medali perunggu. Sementara itu, DKI Jakarta mengekor sebagai runner-up dengan raihan 1 medali emas, 4 medali perak dan 8 medali perunggu.

Lalu, disusul Sumatera Utara di posisi ketiga dengan 1 medali emas. Terakhir ada Banten dengan raihan 2 medali perunggu.

Ketua Pengurus Provinsi PBSI Jateng, Basri Yusuf, memuji perjuangan para atlet muda yang berhasil membawa timnya juara umum. Pada Piala Presiden 2022 ini, kontingen Jawa Tengah mengirimkan 66 atlet yang terdiri dari 55 atlet PB Djarum, 7 atlet Jaya Raya Solo, 3 atlet PMS Solo dan 1 atlet Tri Star Karanganyar.

"Pengprov PBSI Jawa Tengah berterima kasih kepada klub-klub yang telah menerjunkan atletnya dalam turnamen ini, terutama kepada PB Djarum dan Jaya Raya Solo yang telah menyumbangkan gelar juara," kata Basri, dalam rilis PB Djarum.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa kemenangan para atlet muda di ajang Piala Presiden 2022 merupakan lecutan untuk berprestasi di ajang yang lebih tinggi lagi. Untuk itu, pembinaan atlet usia dini harus terus menerus dilakukan demi mengasah kemampuan, mental serta potensi para pebulutangkis muda.

"Kemenangan Jawa Tengah di Piala Presiden edisi perdana ini saya harapkan dapat menjadi tolak ukur agar tim Jawa Tengah bisa memenangkan turnamen lainnya. Ini adalah awal yang baik, tapi jangan cepat puas. Para atlet harus terus mengasah diri sehingga kelak bisa menjadi aset yang mengharumkan nama bangsa di kancah dunia," ujarnya menambahkan.

Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, mengatakan kemenangan yang dipersembahkan atlet muda PB Djarum bagi kontingen Jateng di Piala Presiden merupakan buah manis dari pembinaan atlet usia dini yang selama ini telah berjalan. Pembinaan sejak dini tersebut, kata Yoppy, merupakan aspek fundamental dan sangat penting dalam skema piramida prestasi atlet.

"Turnamen Piala Presiden 2022 ini memang menjadi ajang bagi para atlet yang telah kami bina untuk menunjukkan kemampuan mereka di atas lapangan. Dan ternyata, mereka menjawabnya dengan prestasi," tutur Yoppy.

"Tak hanya jadi juara umum, tapi kami juga melampaui target yang semula mengincar enam gelar juara, tapi berhasil membawa pulang sembilan gelar. Meski begitu tetap ada evaluasi yang harus dilakukan. Terutama untuk sektor tunggal putri," ucapnya.

[Halaman Selanjutnya: Pemberian Trofi dan Hadiah]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT