ADVERTISEMENT

Fajar/Rian Tak Risau Satu Bagan dengan Minions di Kejuaraan Dunia 2022

Mercy Raya - Sport
Senin, 15 Agu 2022 21:30 WIB
Fajar Alfian (hijau), Muhammad Rian Ardianto
Rian (biru) dan Fajar tengah berlatih jelang Kejuaraan Dunia 2022. Foto: Dok. PBSI
Jakarta -

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tak risau dengan hasil undian ganda putra di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Mereka memilih fokus satu demi satu laga di depan mata.

Dalam undian tersebut, Fajar/Rian berada di bagan atas bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon serta Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Sementara satu pasangan lain Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berada di bagan bawah. Dengan tiga wakil berada di bagan yang sama, maka kans Fajar/Rian bertemu Kevin/Marcus di perempatfinal cukup terbuka, asal masing-masing pasangan mampu mengalahkan lawan-lawan di babak sebelumnya.

Pemenang laga antara Fajri vs Minions juga berpeluang berhadapan dengan Hendra/Ahsan di partai semifinal. Barulah pemenangnya berpeluang bentrok dengan Bagas/Fikri di final. Tapi sekali lagi, skenario ini bakal terjadi jika keempat ganda putra Indonesia melaju mulus sejak babak awal.

"Kalau menurut saya pribadi undiannya memang ada tiga pasang di atas dan satu pasangan di bawah. Kami tidak terlalu memikirkan undian, yang penting ini kan pertandingan individual, ya kami fokus saja satu per satu match-nya," kata Fajar dalam jumpa pers virtual, Senin (15/8/2022).

Fajar mengatakan hal tersebut karena berkaca dari pengalaman-pengalaman turnamen sebelumnya. Ia dan Rian berusaha fokus satu demi satu, sampai akhirnya bangkit, dan memetik hasil sempurna dalam beberapa turnamen terakhir, yakni menembus tujuh kali final dan tiga di antaranya merengkuh gelar juara.

"Jadi saat kami kalah di All England 2022, kami ubah pola pikirnya dalam arti, bagaimana caranya kami bermain lebih baik setiap match-nya. Jangan terlalu berpikir target yang jauh tapi tiap match-nya, bagaimana kami berpikir untuk fokus di tiap laganya, itu yang lebih penting," Fajar menjelaskan.

"Sebab, dengan konsistennya kami sampai tujuh kali final, kami tidak memikirkan yang jauh-jauh tapi berpikir bagaimana cara bermain terbaik buat hari esok," tambahnya.

Rian mengungkapkan hal senada. Menurutnya, hal paling penting saat ini ialah berusaha lebih keras lagi apalagi ganda putra memiliki banyak saingan.

"Dari Indonesia pun sudah banyak, belum saingan dari luar negeri, jadi memang harus benar-benar fokus di tiap pertandingannya. Kami coba buat untuk tak terlalu ingin memikirkan jauh dulu yang penting fokus di tiap match saja. Bagaimana kami dapat lebih mengontrol permainan dan enggak terburu-buru dan menggebu-gebu ingin menang sih. Yang penting enjoy dan bisa mengeluarkan semua kemampuan," tutur Rian.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan digelar pada 22-28 Agustus 2022 di Tokyo, Jepang.

(mcy/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT