Kondisi Membaik, Yeremia Daftar Tiga Turnamen di Awal 2023

ADVERTISEMENT

Kondisi Membaik, Yeremia Daftar Tiga Turnamen di Awal 2023

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 03 Des 2022 14:40 WIB
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Rambitan gagal ke semifinal Indonesia Open 2022. Mereka kalah dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik 21-14, 12-21, dan 20-22.
Yeremia Rambitan sudah absen sejak Juni 2022 akibat cedera ACL saat tampil di Indonesia Open. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kondisi pebulutangkis ganda putra Indonesia Yeremia Rambitan sudah kian membaik. Ia pun didaftarkan untuk tiga turnamen BWF awal tahun depan.

Kabar itu disampaikan Rionny Mainaky, Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI. Dia menyebut, Yeremia tinggal menghilangkan rasa takut kala bertanding.

"Dia mungkin baru 80%. Dia masih takut saja. Kalau untuk dia, sudah merasa pulih, cuma bergerak kan namanya memori. Orang jatuh begitu lama, kelihatan agak ragu ada. Tapi sudah latihan dua dua satu satu," kata Rionny kepada pewarta, saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung.

Sebagai gambaran, ada empat tur BWF yang akan bergulir pada Januari 2023. Turnamen Super 1000 Malaysia Open bakal menjadi pembuka yang dimulai 10-15 Januari, disusul India Open 17-22 Januari (Super 750), Indonesia Master (Super 500) pada 24-29 Januari, dan Thailand Masters (Super 300) pada 31 Januari-5 Februari.

Sejauh ini, PBSI sudah mengumumkan skuad untuk Malaysia Open 2023 dan nama Yeremia masuk dalam tim yang akan dikirim ke turnamen yang memperebutkan hadiah total 1,25 juta dolar AS tersebut. Dia akan kembali berpasangan dengan Pramudya Kusumawardana.

"Saya dapat info dari pelatih begitu, (mulai) dari (turnamen) Malaysia, dia siap di mana," ujarnya.

"Kami kan daftar saja dulu. Kalau kami enggak daftar, tapi dia (Yeremia) sudah siap, kan sayang. Jadi daftar, kalau enggak siap, ya tinggal pilih kamu mau (main) di mana," lanjutnya.

"Jadi di semua ajang tahun depan (Malaysia, India, Indonesia) didaftarkan. Misalnya kalau 3 ini enggak bisa, dari Thailand kan enggak ada yang berat, kita panaskan dulu apa bagaimana lah, tergantung pelatih dengan dia," kata Rionny.

Yeremia mengalami cedera Anterior Cruciate Ligaments (ACL) saat menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) di perempatfinal Indonesia Open 2022 pada Juni lalu. Setelah kejadian itu, Yeremia harus terparkir selama 6 bulan untuk memulihkan dirinya.

(mcy/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT