DetikSepakbola
Senin 25 Juni 2018, 15:57 WIB

Skenario Grup B Piala Dunia 2018: Peluang Lolos Spanyol dan Portugal

Redzi Arya Pratama - detikSport
Skenario Grup B Piala Dunia 2018: Peluang Lolos Spanyol dan Portugal Berikut skenario lolos Spanyol dan Portugal ke 16 besar Piala Dunia 2018 (Foto: Francois Lenoir/Reuters)
Jakarta - Peluang Spanyol dan Portugal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018 masih harus diusahakan di laga terakhir. Berikut skenario lolos Spanyol dan Portugal dari Grup B.

Pemecatan pelatih Julen Lopetegui sehari sebelum Piala Dunia 2018 mulai berlangsung di Rusia sudah memunculkan tanda tanya untuk Spanyol yang menjadi salah satu unggulan.

Sejauh ini, di bawah arahan Fernando Hierro, Spanyol meraih 4 poin hasil seri 3-3 dengan Portugal dan menang tipis 1-0 dari Iran. La Roja untuk sementara memimpin Grup B Piala Dunia 2018.

Portugal juga mengoleksi 4 poin berkat hasil imbang lawan Spanyol dan kemenangan 1-0 atas Iran. Punya poin dan selisih gol sama persis dengan Spanyol, Selecao das Quinas harus rela menempati posisi kedua akibat jumlah kartu lebih banyak di Piala Dunia 2018.


Baca juga: Jelang Matchday Penentuan Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2018


Persaingan di Grup B bertambah sengit karena ada Iran yang juga masih berpeluang lolos ke 16 besar. Saat ini Iran mengoleksi 3 poin dari dua pertandingannya di Piala Dunia 2018.

Maka di laga matchday ketiga, Spanyol, Portugal, dan Iran akan berusaha meraih hasil semaksimal mungkin untuk bisa lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018. Sementara Maroko yang sudah tercoret akan berusaha tidak pulang kampung dengan poin hampa.

Seluruh rangkaian pertandingan yang melibatkan keempat tim di Grup B Piala Dunia 2018 itu dimainkan pada hari Selasa (26/6/2018) dini hari WIB: Iran vs Portugal dan Spanyol vs Maroko.


Baca juga: Klasemen Piala Dunia 2018


Berikut skenario Grup B terkait peluang lolos Spanyol dan Portugal ke babak 16 besar Piala Dunia 2018, seperti dirangkum ESPNFC:

- Portugal butuh satu poin lawan Iran untuk lolos. Jika pun kalah, Portugal tetap bisa lolos asalkan Spanyol juga kalah dengan skor lebih besar.

- Spanyol butuh satu poin lawan Maroko untuk lolos. Jika pun kalah, Spanyol tetap bisa lolos asalkan Portugal juga kalah dengan skor lebih besar, ATAU kalau Iran/Portugal berakhir imbang dengan skor kecil sementara kekalahan Spanyol tidak lebih dari satu gol

- Jika Portugal dan Spanyol sama-sama kalah, tim dengan kekalahan terbesar yang akan tersingkir (dengan finis ketiga). Jika Portugal dan Spanyol sama-sama menang, tim dengan kemenangan terbesar akan jadi juara grup.

- Spanyol dan Portugal kini punya hasil identik dan cuma terpisahkan oleh jumlah kartu (Spanyol 1 kartu kuning dan Portugal 2 kartu kuning). Jika terus begitu, pengundian akan dilakuan untuk posisi akhir grup.

- Iran harus mengalahkan Portugal untuk menjamin kelolosan. Iran juga akan lolos dengan hasil seri jika Spanyol kalah dari Maroko dengan minimal dua gol.

- Maroko sudah tersingkir.




Tonton juga 'Spanyol Ogah Remehkan Maroko Demi Juara Grup':

[Gambas:Video 20detik]


(krs/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed