DetikSepakbola
Jumat 21 September 2018, 01:15 WIB

Puncaki Peringkat FIFA Bersamaan, Prancis-Belgia Bikin Rekor Baru

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Puncaki Peringkat FIFA Bersamaan, Prancis-Belgia Bikin Rekor Baru Duel Timnas Prancis dan Belgia di semifinal Piala Dunia 2018 (Alexander Hassenstein/Getty Images)
Zurich - Ada rekor baru dicatatkan Timnas Prancis dan Timnas Belgia saat mereka bersamaan memuncaki daftar peringkat FIFA bulan ini.

Menyusul keberhasilannya menjuarai Piala Dunia 2018, Prancis ada di posisi teratas peringkat FIFA menggeser Jerman, pada Agustus lalu. Namun, setelah itu performa Les Bleus sedikit menurun.

Itu dibuktikan dengan hasil imbang tanpa gol pada laga persahabatan kontra Jerman sebelum menang tipis 2-1 atas Belanda di laga UEFA Nations League awal bulan ini. Hasil itu memang masih menempatkan Prancis di posisi teratas dengan 1.729 poin.






Tapi, total poin itu disamai Belgia usai tim asuhan Roberto Martinez itu menang 4-0 atas Skotlandia pada laga persahabatan dan 3-0 atas Islandia di UEFA Nations League. Belgia pun kini ada di posisi teratas karena urutan alfabet.

Untuk pertama kalinya sejak ranking FIFA diperkenalkan pada Desember 1992, ada dua tim dengan poin sama memuncaki daftar tersebut.

Perubahan hanya di dua posisi teratas dan juga di urutan ke-9 dan ke-10, di mana Spanyol dan Denmark bertukar tempat. Dari posisi ketiga hingga kedelapan ada Brasil, Kroasia, Uruguay, Inggris, Portugal, dan Swiss.

Jerman naik tiga peringkat dari urutan ke-15 usai performa buruk di Piala Dunia 2018 ke posisi ke-12 saat ini.






Lonjakan paling drastis terjadi ketika Ukraina naik enam peringkat ke urutan ke-29 usai mengalahkan Republik Ceko dan Slovakia di UEFA Nations League.

Lalu, di mana posisi Indonesia? Skuat Merah-Putih tetap bertahan di posisi ke-164 dengan 997 poin. Di antara tim Asian Tenggara, Indonesia di posisi kelima di bawah Vietnam, Filipina, Thailand, dan Myanmar.

(mrp/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed