sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 17 Mar 2020 06:50 WIB

5 Taktik Cegah Virus Corona Menurut Wenger, Pochettino, Mourinho

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
HUDDERSFIELD, ENGLAND - MAY 13:  Arsene Wenger, Manager of Arsenal looks on prior to the Premier League match between Huddersfield Town and Arsenal at John Smiths Stadium on May 13, 2018 in Huddersfield, England.  (Photo by Catherine Ivill/Getty Images) Arsene Wenger, Mauricio Pochettino, hingga Jose Mourinho ikut dalam kampanye pencegahan virus corona (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)
Jakarta -

Sejumlah pelatih top dunia ikut bersuara dalam kampanye pencegahan virus corona. Mereka berbagi taktik untuk melindungi diri dari virus ini.

COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona telah dinyatakan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Virus ini pun telah berdampak ke sepakbola.

Sejumlah liga top Eropa harus ditangguhkan. Pemain hingga pelatih sepakbola pun ada yang positif terjangkit virus corona seperti Daniele Rugani (Juventus), Mikel Arteta (Arsenal), Callum Hudson-Odoi (Chelsea), hingga beberapa anggota tim Valencia.

FIFA pun menyatakan dukungannya terhadap WHO untuk memerangi penyebaran virus corona. Menggandeng sejumlah pelatih top seperti Arsene Wenger, Mauricio Pochettino, hingga Jose Mourinho, FIFA meluncurkan video kampanye pencegahan virus corona.


Dalam video berdurasi 1 menit 43 detik, Wenger dkk berbagi taktik untuk melindungi diri dari virus corona. Simak 5 taktiknya berikut ini.

"Kita semua tahu situasi virus corona sangat serius dan kita harus mengutamakan kesehatan. Ini adalah lima taktik kunci untuk menghadapi virus corona dan saya meminta kalian semua untuk mengikuti lima taktik kunci ini dengan disiplin setiap saat," kata Wenger.

"Dimulai dengan tanganmu. Tolong cuci tanganmu sering-sering, kalau memungkinkan, dengan pembersih tangan berbasis alkohol," lanjut Pochettino.

"Dengan siku yang ditekuk, tolong tutupi hidung dan mulut kalau kalian bersin atau batuk. Kalau pakai tisu, segera buang ke tempat sampah," ucap pelatih tim putri Manchester United, Casey Stoney.

"Untuk wajah, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Ini bisa mencegah virus memasuki tubuh," ujar pelatih timnas Senegal, Aliou Cisse.

"Dalam hal interaksi sosial, mundur sedikit. Jaga jarak minimal satu meter dari semua orang yang batuk atau bersin," imbuh Mourinho.

"Kalau kalian merasa tidak enak badan, di rumah saja. Di beberapa negara, isolasi mungkin disarankan bagi mereka yang sehat juga. Tolong ikuti semua instruksi dari petugas kesehatan setempat," kata mantan pelatih timnas putri Amerika Serikat, Jill Ellis.

"Jadi tolong jangan ketinggalan berita. Ikuti rekomendasi ini dan dukung WHO dalam upayanya menangani virus corona. Bersama-sama kita akan memenangi pertandingan sulit ini," kata Presiden FIFA, Gianno Infantino.






Simak Video "Dievakuasi Petugas, Pasien Corona di Mamuju Disemangati Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com