sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 31 Agu 2020 07:24 WIB

Rooney Kritik Cara Timnas Inggris Perlakukan Maguire

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 08:  Harry Maguire of England reacts during the UEFA Nations League A group four match between England and Spain at Wembley Stadium on September 8, 2018 in London, United Kingdom.  (Photo by Michael Regan/Getty Images) Wayne Rooney mengkritik cara timnas Inggris memperlakukan Harry Maguire (Foto: Getty Images/Michael Regan)
Jakarta -

Wayne Rooney mengkritik cara timnas Inggris memperlakukan Harry Maguire. Rooney menilai Gareth Southgate seharusnya sejak awal tak memanggil Maguire ke timnas.

Maguire sempat tersandung masalah kriminal saat berlibur di Mykonos, Yunani. Dia ditahan karena terlibat adu jotos dengan sejumlah orang, salah satunya adalah polisi.

Meski demikian, Southgate tetap memasukkan nama Maguire ke dalam skuad timnas Inggris yang disiapkan untuk menghadapi pertandingan melawan Islandia dan Denmark di UEFA Nations League.

Beberapa waktu kemudian, pengadilan di Syros menyatakan Maguire bersalah dalam tiga dakwaan antara lain penyerangan, melakukan perlawanan saat ditangkap, dan upaya suap. Bek Manchester United itu kemudian divonis penjara 21 bulan 10 hari.

Tak lama setelah vonis pengadilan dijatuhkan, Maguire dicoret dari timnas Inggris. Southgate kala itu memililh untuk memantau situasi lebih dulu sebelum mengambil keputusan.

Belakangan banding yang diajukan oleh Maguire dikabulkan oleh pengadilan. Mantan pemain Leicester City itu untuk sementara dinyatakan tidak bersalah.

Langkah Southgate tersebut dikritik oleh Rooney. Mantan kapten timnas Inggris itu menilai Southgate seharusnya melindungi Maguire dengan tidak memasukkannya ke skuad timnas Inggris sejak awal.

"Saya kira tidak mungkin Gareth Southgate memasukkan nama Harry ke dalam skuad yang dia umumkan di hari Selasa, tapi dia memasukkannya," ujar Rooney kepada The Sunday Times.

"Akan lebih masuk akal kalau bilang: 'Harry baru saja melewati musim yang sangat panjang dan butuh lebih banyak istirahat dan kita lihat saja apa yang terjadi dengan kasusnya.'"

"Dengan terlalu cepat mengambil keputusan dan memasukkannya ke dalam skuad, hampir tak terhindarkan lagi dia harus dicoret."

"Sekarang ini terlihat seperti sebuah kekacauan. Mereka sudah memasukkannya, mencoretnya, dan sekarang apakah mereka akan memanggilnya lagi ke dalam skuad? Karena sekarang statusnya bebas dan tidak bersalah!"



Simak Video "Lagi-lagi Harry Maguire"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com