sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 07 Sep 2020 04:32 WIB

Top! Ansu Fati Bikin Gol dan Cetak Rekor

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Spains Ansu Fati celebrates after scoring his teams third goal during the UEFA Nations League soccer match between Spain and Ukraine at the Estadio Alfredo Di Stefano stadium in Madrid, Spain, Sunday, Sept. 6, 2020. (AP Photo/Bernat Armangue) Ansu Fati memecahkan rekor pencetak gol termuda Timnas Spanyol (AP/Bernat Armangue)
Madrid -

Malam yang tak bisa dilupakan Ansu Fati saat Spanyol mengalahkan Ukraina 4-0. Ansu Fati bikin gol perdana sekaligus mencatatakan rekor baru. Apa itu?

Ansu Fati jadi starter bareng Dani Olmo dan Ferran Torres saat Spanyol menjamu Ukraina pada lanjutan UEFA Nations League Liga 1 Grup 4 di Alfredo di Stefano Stadium, Senin (7/9/2020) dini hari WIB.

Kepercayaan Luis Enrique itu dibayar tuntas oleh Ansu Fati lewat performa apik di atas lapangan. Selama 90 menit bermain, Ansu Fati membuat enam attempts, dua on goal, dua kali membuat peluang, enam kali dribel, dan 10 sentuhan di kotak penalti lawan.



Gol pertama Spanyol di menit kedua ewat penalti Sergio Ramos juga karena andil Ansu Fati yang menusuk ke area terlarang dan dilanggar pemain lawan. Sempat diselingi gol kedua Ramos, Ansu Fati tak mau ketinggalan.

Pemain didikan akademi Barcelona itu membuat gawang Ukraina bergetar pada menit ke-32 lewat sepakan melengkung ke pojok kanan bawah dari luar kotak penalti. Spanyol unggul 3-0 di babak pertama dan menambah satu gol lagi lewat Torres di menit ke-84.



Usai bikin gol itu, Ansu Fati langsung dikerubungi rekan-rekannya karena dia memecahkan rekor baru di Timnas Spanyol. Setelah 95 tahun, gelar pencetak gol termuda Tim Matador jadi milik Ansu Fati di usia 17 tahun dan 311 hari.

Ansu Fati mengalahkan rekor Juan Errazquin yang membuat gol ke gawang Swiss pada 1925 saat berusia 18 tahun dan 344 hari. Ini adalah rekor kedua beruntun Ansu Fati setelah saat melawan Jerman, dia jadi pemain termuda yang melakukan debut di timnas.



Masih kurang juga? Pemain kelahiran Guinea-Bissau yang pindah ke Spanyol di usia enam tahun itu adalah pencetak gol termuda Barcelona, pencetak gol termuda di Liga Champions, pencetak gol dan assist termuda sekaligus pemain termuda yang bikin minimal dua gol di LaLiga.

Ansu Fati meneruskan sensasinya musim ini setelah dipromosikan ke tim utama. Ansu Fati musim lalu membuat delapan gol dari 33 penampilan.



Simak Video "Ansu Fati Masuk Timnas Spanyol"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com