sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 09 Okt 2020 15:47 WIB

Wenger Usul Ubah Aturan Korner, Tendangan Bebas, dan Lainnya

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Arsene Wenger Arsene Wenger mengusulkan perubahan aturan lemparan ke dalam, korner, dan tendangan bebas. (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)
Jakarta -

Mantan Manajer Arsenal Arsene Wenger mengusulkan perubahan sejumlah aturan di sepakbola. Di antaranya pada lemparan ke dalam, korner, dan tendangan bebas.

Arsene Wenger saat ini menjabat sebagai Kepala Pengembangan Sepakbola Global FIFA. Jabatan itu memberinya kuasa untuk mengevaluasi aturan-aturan sepakbola.

Pria Prancis itu sebelumnya mengusulkan perubahan aturan offside. Dalam idenya itu, seorang pemain tidak akan dianggap offside jika bagian tubuhnya yang bisa mencetak gol sejajar dengan pemain terakhir tim lawan, meski ada bagian tubuh lain yang menjorok.

Dalam pembicaraan terbaru dengan L'Equipe, Wenger mengusulkan sejumlah perubahan lainnya. Terkait lemparan ke dalam misalnya, ia mau di periode tertentu lemparan bisa diganti dengan tendangan.

"Lima menit sebelum bubar, sebuah lemparan ke dalam buat Anda seharusnya jadi keuntungan. Tapi di situasi-situasi ini, Anda menghadapi 10 pemain outfield lawan, sementara Anda cuma punya sembilan," ujarnya dilansir Marca.

"Statistik menunjukkan bahwa delapan dari 10 situasi lemparan ke dalam itu, Anda kehilangan bola. Alih-alih lemparan, di paruh lapangan Anda sendiri, Anda mesti punya kemungkinan untuk mengambil sebuah tendangan," imbuhnya.

Pria yang semasa menjadi manajer dijuluki The Professor itu juga menawarkan ide terkait tendangan penjuru dan tendangan bebas. Korner melengkung yang sempat keluar tetap akan dianggap sah, sedang tendangan bebas bisa dioper cepat ke diri sendiri.

"Kami juga mempertimbangkan hal lainnya: sepak pojok melengkung yang keluar dari lapangan lalu kembali masuk harus dibuat sah. Ini akan menciptakan kesempatan baru untuk mencetak gol. Ada juga opsi untuk melakukan tendangan bebas cepat buat diri sendiri," sambungnya.

Setuju dengan usulan Wenger tersebut?

(raw/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com