Ter Stegen Kok Tidak Dipanggil ke Timnas Jerman?

Bayu Baskoro - Sepakbola
Selasa, 10 Nov 2020 16:30 WIB
WOLFSBURG, GERMANY - MARCH 20: Goalkeeper Marc-Andre ter Stegen of Germany reacts during the International Friendly match between Germany and Serbia at Volkswagen Arena on March 20, 2019 in Wolfsburg, Germany. (Photo by Alex Grimm/Getty Images)
Marc Andre ter Stegen tak dipanggil ke Timnas Jerman. (Foto: Getty Images/Alex Grimm)
Berlin -

Timnas Jerman tidak memanggil Marc Andre ter Stegen di pertandingan internasional bulan ini. Apa alasan Die Nationalmannschaft tak membawa kiper Barcelona itu?

Timnas Jerman mengumumkan 29 daftar pemain untuk laga internasional mulai pekan ini. Skuad asuhan Joachim Loew itu dijadwalkan bertemu Republik Ceko di ajang uji coba pada Kamis (12/11/2020), serta menghadapi Ukraina (15/11) dan Spanyol (18/11) untuk kompetisi UEFA Nations League.

Dari daftar tersebut, tidak ada nama Ter Stegen pada barisan penjaga gawang. Ada pun empat nama kiper yang ditarik ke Timnas Jerman antara lain Manuel Neuer, Bernd Leno, Kevin Trapp, serta Oliver Baumann.

Tidak dipanggilnya Marc Andre ter Stegen ke Timnas Jerman menimbulkan pertanyaan berbagai pihak. Apalagi, kiper 28 tahun itu sudah pulih dari cedera lutut yang membekapnya.

Seperti diketahui, Ter Stegen menjalani operasi otot tendon lutut pada Agustus lalu. Dia tampil kembali membela Barcelona pada awal November ini saat melawan Dynamo Kiev di Liga Champions, serta Real Betis pada ajang LaLiga.

Melansir laporan Bild, Timnas Jerman telah berbicara dengan Ter Stegen soal keputusan untuk tak memanggil kiper nomor 2 Die Nationalmannschaft itu. Hal tersebut berkaitan dengan kondisi kesehatan Ter Stegen.

Joachim Loew selaku pelatih Timnas Jerman menginginkan Ter Stegen memanfaatkan waktu jeda internasional kali ini untuk beristirahat sepenuhnya. Kiper jebolan Borussia Moenchengladbach itu rencananya bakal dipanggilnya lagi pada awal tahun 2021.

Marc Andre ter Stegen dilaporkan tak mempermasalahkan keputusan Timnas Jerman yang kali ini tidak memanggilnya. Dia bisa tetap tinggal dan berlatih di Barcelona.

(bay/krs)