Jude Bellingham, Remaja 17 Tahun yang Dipanggil Timnas Senior Inggris

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 11 Nov 2020 19:20 WIB
ANDORRA LA VELLA, ANDORRA - OCTOBER 07: Jude Bellingham of England looks on during the UEFA Euro U21 Qualifier between Andorra U21 and England U21 at Estadi Nacional on October 07, 2020 in Andorra la Vella, Andorra. (Photo by Alex Caparros/Getty Images)
Bellingham sewaktu di Timnas U-21 Inggris. Foto: Getty Images/Alex Caparros
Jakarta -

Jude Bellingham mendapat panggilan perdana dari Timnas Inggris. Remaja 17 tahun berpeluang menjadi pemain termuda yang tampil membela The Three Lions dalam sedekade terakhir.

Inggris akan menjalani tiga laga selama jeda internasional kali ini. Selain berjumpa Irlandia (13/11), The Three Lions juga akan menjalani laga UEFA Nations League melawan Belgia (16/11) dan Islandia (19/11).

Pemanggilan Bellingham kali ini sebetulnya cukup mengejutkan. Selain memang masih muda, ia awalnya tak dibawa oleh manajer Gareth Southgate. Namun cedera yang dialami James Ward-Prowse dan Trent Alexander-Arnold membuatnya dipromosikan dari Timnas U-21 Inggris.

Sepanjang sejarah, tak banyak pemain 17 tahun yang bisa bermain untuk Inggris skuad. Di abad 20, hal ini tak pernah terjadi. Saat itu, pemain termuda yang pernah membela Inggris adalah Michael Owen. Ia menjalani debut di usia 18 tahun 59 hari pada Februari 1998.

Masuk di abad 21, ada Wayne Rooney yang memecahkan rekor itu pada Februari 2003, saat berusia 17 tahun 111 hari. Tiga tahun berselang, tepatnya Mei 2006, rekor itu pecah lagi oleh Theo Walcott, yang berusia 17 tahun 75 hari.

Hingga kini, belum ada lagi yang memecahkan rekor Walcott. Jika Bellingham turun di satu dari tiga laga yang dijadwalkan, ia hanya akan menjadi pemain termuda ketiga yang tampil bersama Inggris, namun menjadi termuda dalam sedekade terakhir. Per tanggal 11 November 2020, ia berusia 17 tahun 135 hari.

Terlepas dari itu semua, dipanggilnya Bellingham merupakan buah dari konsistensi penampilannya setahun terakhir. Di musim lalu, bersama Birmingham City, ia tampil 41 kali dari 46 laga divisi Championship Liga Inggris.

Bakatnya diendus Borussia Dortmund, dan gelandang kelahiran Stourbridge itu resmi direkrut pada musim panas lalu. Ia pun nyaris selalu diturunkan di musim ini, meski tak selalu menjadi starter.

Dari 12 laga yang sudah dimainkan Dortmund sejauh ini, ia tampil 11 kali, mencetak 1 gol dan 2 assist. Dengan bakatnya itu, ia diharapkan tak sekedar numpang lewat di Timnas Inggris.

"Saya berlatih bersamanya selama beberapa hari terakhir, dan bakatnya terlihat luar biasa," ujar bek Aston Villa dan Timnas Inggris, Tyrone Mings, seperti dikutip Sky Sports.

"Saya tahu dia berada di kubu Birmingham yang lain, tapi tak masalah bagi saya mengakuinya sebagai pemain fantastis dan tampaknya dia juga pemuda yang baik," sambungnya.



Simak Video "Adu Gaya Fashion Timnas Inggris Vs Italia Jelang Final Euro 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/mrp)