Marcus Thuram Dipanggil Prancis Bukan karena Nama Besar Ayahnya

Putra Rusdi K - Sepakbola
Rabu, 11 Nov 2020 20:00 WIB
MOENCHENGLADBACH, GERMANY - OCTOBER 27: Marcus Thuram of Moenchengladbach runs with the ball during the UEFA Champions League Group B stage match between Borussia Moenchengladbach and Real Madrid at Borussia-Park on October 27, 2020 in Moenchengladbach, Germany. (Photo by Lars Baron/Getty Images)
Marcus Thuram dipanggil ke timnas Prancis bukan karena nama besar anaknya (Foto: Getty Images/Lars Baron)
Paris -

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, menegaskan pemanggilan Marcus Thuram murni karena performa apiknya. Ia dipanggil bukan karena sang Ayah, Lilian Thuram.

Marcus Thuram untuk pertama kalinya dipanggil ke timnas Prancis. Ia masuk dalam skuad Les Bleus untuk menghadapi tiga laga di jeda internasional pekan ini. Prancis bakal menghadapi Finlandia (12/11) di laga uji coba, kemudian berkiprah di UEFA Nations League melawan Portugal (15/11) dan Swedia (18/11).

Marcus sendiri merupakan putra dari bek legendaris Prancis, Lilian Thuram. Pemanggilannya ke timnas Prancis kali ini pun diikuti harapan agar dirinya bisa mengikuti jejak sang ayah menjadi andalan Tim Ayam Jantan.

Lillian tercatat sebagai pemilik caps terbanyak di timnas Prancis dengan 142 penampilan. Lilian juga turut mempersembahkan gelar Piala Dunia 1998 serta Piala Eropa 2000 untuk Prancis.

Deschamps menilai wajar bila banyak pihak selalu mengaitkan kiprah Marcus dengan bayang-bayang karier luar biasa Ayahnya. Namun, ia menegaskan bahwa pemanggilan Marcus kali ini murni karena performanya di lapangan dan bukan karena sosok Lilian.

Marcus memang menjadi andalan di lini serang Borussia Moenchengladbach musim ini. Ia telah mengemas tiga gol dan lima assist bersama pasukan Marco Rose. Ya, berbeda dengan Lillian yang merupakan seorang bek, Marcus lebih banyak beroperasi di lini depan sebagai winger atau penyerang.

"Ini hidupnya, kariernya. Karier ayahnya sudah berakhir, kita semua harus ingat. Namun, mengenal Lilian, itu akan menjadi keuntungan bagi Marcus - dia bisa mendapatkan banyak nasihat darinya," ujar Deschamps dikutip dari BeinSport.

"Yang terpenting, saya katakan kepadanya bahwa jika dia ada di sini, itu hanya karena apa yang dia lakukan. Menjadi anak dari seseorang bukanlah kriteria untuk saya panggil. Itu jelas menjadi hal yang salah.

"Dia kenal ayahnya, aku juga mengenalnya, tapi jika dia ada di sini, itu karena menurutku dia pantas mendapatkannya," jelas Deschamps yang dulu merupakan rekan Lilian di timnas Prancis.



Simak Video "Mbappe Gagal Eksekusi Penalti, Prancis Kalah dari Swiss"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/cas)