sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 20 Nov 2020 14:05 WIB

Ini Phil Foden atau Zinedine Zidane, Ya?

Yanu Arifin - detikSport
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 18: Phil Foden of England looks on during the UEFA Nations League group stage match between England and Iceland at Wembley Stadium on November 18, 2020 in London, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in fixtures being played behind closed doors. (Photo by Michael Regan/Getty Images) Gelandang Manchester City dan Timnas Inggris, Phil Foden. (Foto: Michael Regan/Getty Images)
London -

Phil Foden membuat aksi gemilang di laga internasional tengah pekan lalu. Pemain muda Timnas Inggris itu dibanding-bandingkan dengan Zinedine Zidane.

Aksi itu terekam saat Foden membela Inggris menghadapi Timnas Islandia pada pertandingan UEFA Nations League di Stadion Wembley, London, Kamis (19/11/2020) dini hari WIB. Laga itu menandai kali kedua Foden menjadi starter bersama The Three Lions.

Foden sendiri tampil gemilang di laga itu. Ia memborong dua gol pada menit ke-80 dan 84. Namun, bukan cuma dua gol yang membuatnya disorot.

Gelandang milik Manchester City itu membuat salah satu trik yang membuat publik sepakbola Inggris tersenyum lebar. Aksinya itu terkait skill individunya dalam mengontrol bola.

Di menit-menit akhir, Foden menerima bola lambung tepat di pinggir lapangan. Gelandang 20 tahun itu langsung mengontrolnya dengan gaya.

Foden mengontrol bola dengan kaki kirinya. Alih-alih menghentikannya, ia langsung mendorong bola ke depan, melewati kaki belakangnya. Foden melakukan trik putaran Johan Cruyff.

Gerak tipu itu membuat Ari Freyr Skulason kesulitan mengadangnya. Foden, dengan kecepatannya, bisa menggiring bola memasuki area pertahanan Islandia. Kemudian, Foden bisa mengecoh dua pemain Islandia, sebelum melepaskan operan ke kotak penalti.

Aksi itu membuat Foden panen pujian. Banyak yang membandingkan aksi Foden dengan gaya khas Zinedine Zidane.

Zidane memang pernah melakukan kontrol bola demikian. Legenda Prancis yang kini jadi pelatih real Madrid itu dikenal sebagai gelandang dengan kontrol bola yang sangat bagus.

Foden sendiri baru menjalani debutnya bersama Inggris pada September lalu. Ia baru punya tiga caps, dengan dua gol sudah dilesakkannya.

(yna/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com