'Maradona Jauh Lebih Dikagumi ketimbang Ronaldo-Messi'

Lucas Aditya - Sepakbola
Kamis, 26 Nov 2020 17:00 WIB
Jakarta -

Diego Maradona dinilai jauh lebih dikagumi dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Maradona tutup usia, Rabu (25/11/2020). Penyebabnya, pria 60 tahun itu mengalami henti jantung.

Argentina, bahkan juga berbagai penjuru dunia, berduka dengan kepergian pemain yang mencetak gol tangan Tuhan di Piala Dunia 1986 itu. Ucapan duka untuk Maradona banjir di media sosial

Dengan kegemilangannya saat bermain, Maradona banyak mempunyai penggemar. Apalagi, dia menjadi salah satu pemain yang berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Dunia untuk tim Tango.

Raihan Piala Dunia 1986 belum bisa diulang lagi oleh junior-junior Maradona di Timnas Argentina, bahkan oleh Lionel Messi sekalipun.

Eks pemain Argentina, Osvaldo Ardiles, menilai bahwa Maradona memang tak bisa disamai oleh bintang-bintang lapangan hijau saat ini, termasuk Ronaldo-Messi.

Di era 2000-an, Ronaldo dan Messi merupakan dua pemain yang menonjol. Raihan enam bola emas untuk Messi, dan lima Ballon d'Or untuk Ronaldo menjadi buktinya.

"Dia akan diingat sebagai genius di sepakbola. Anda bisa melihat besarnya perhatian yang dia dapatkan," kata Ardiles seperti dikabarkan oleh BBC.

"Orang seperti (striker Juventus dan Portugal) Ronaldo, atau orang seperti (pemain Barcelona dan Argentina) Messi, mereka bahkan tak bisa bermimpi dikagumi seperti ini."

"Itu adalah fenomena Maradona sepanjang waktu," kata dia menambahkan.

Argentina menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari dengan meninggalnya Maradona. Jenazah eks pemain Napoli dan Barcelona itu juga disemayamkan di Istana Presiden Argentina sebagai bentuk penghormatan untuk Maradona.

(cas/mrp)